Seragam Pramugari dari Masa ke Masa (part 2)

1960an: TWA

Di masa inilah untuk pertama kalinya pramugari tak lagi memakai blazer kaku seperti beberapa dasawarsa sebelumnya. Bisa dilihat dari penampilan baru pramugari era 1960an yang lebih seksi dengan rok pensil, seragam lengan pendek dengan kerah V dan topi yang membuat mereka semakin bergaya.

Pada era ini mulai banyak pesawat jet jumbo dan jumlah penumpang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya para pramugari dituntut untuk semakin profesional dalam aspek pelayanan dan penampilan.

1970an: Southwest Airlines

Para pramugari Southwest Airlines terlihat seperti gadis remaja yang siap pergi ke disko dengan penampilan mereka di masa itu. Era 70an menandai tren seragam pramugari berlengan pendek dan celana mikro pendek, dilengkapi dengan tali pinggang, scarf berwarna-warni dan sepatu bot go-go.

Tahun 70an menjadi era di mana seragam pramugari tak lagi konvensional dan menjadi daya tarik tersendiri baik bagi para penumpang maupun para gadis yang bermimpi menjadi pramugari. Selain seragam yang menggoda, Southwest Airlines kala itu juga menghidangkan menu yang bernada cukup provokatif, seperti “Passion Punch” dan “Love Potion”. Namun seragam dan pelayanan seksi di udara ini tak bertahan lama. Ini dikarenakan protes keras dari para pramugari Southwest Airlines akhirnya menjadi korban pelecehan seksual oleh para penumpang.

1980an dan 1990an

Seragam pramugari di era ini kembali ke tren di tahun 1950an dan 1960an. Seperti di foto tersebut, pramugari terlihat memakai seragam lengan panjang dengan blazer terbuka. Penampilannya terlihat profesional dan nyaman bagi si pemakai.

Perubahan penampilan yang cukup drastis ini terjadi akibat kritik tajam dari berbagai kalangan terhadap seragam pramugari di era 70an yang dinilai terlalu vulgar. Di era ini pula, seragam pramugari tak hanya didominasi oleh rok, namun ada pula seragam yang dipasangkan dengan celana panjang demi kenyamanan pramugari saat bekerja.

2009: Singapore Airlines

Di era ini yang menonjol dalam seragam pramugari adalah keunikan dan ciri khas negara asal maskapai penerbangan. Contohnya seragam pramugari Singapore Airlines yang terlihat elegan dan menarik.

Ini menjadi pesona tersendiri bagi para penumpang yang naik maskapai tersebut. Tak hanya itu, di tahun 2000an juga menjadi titik krusial bagi para pria yang bekerja sebagai awak kabin. Meski masih didominasi oleh kehadiran kaum hawa, para pria mulai mendapat kesempatan untuk menikmati gaya hidup dan kesempatan berwisata keliling dunia. Contohnya awak kabin maskapai Pacific Blue yang bisa kalian lihat berikut ini.

Source: News Travel AOL

About these ads

Tagged: , , ,

3 thoughts on “Seragam Pramugari dari Masa ke Masa (part 2)

  1. dWi August 25, 2011 at 2:26 PM Reply

    interesting !!
    paling suka SQ punya kebaya, keren….dan dgr2 tiap level dari FA tsb dibedakan dari warna kebaya yg mereka kenakan :)

    • dearmarintan August 26, 2011 at 8:54 PM Reply

      Iya, Wi. Seragam mereka keren dan beda level senioritas juga ngaruh ke warna seragam. Warna yang di gambar itu untuk pramugari junior. Selain warna biru itu, kalo ga salah ada warna hijau, merah sama ungu. Itu untuk level menengah dan senior.

  2. isky fatimah October 9, 2013 at 12:33 PM Reply

    tetep paling suka sama seragam pramugarinya GA. =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: