DFP: Nggak Pede Ikutan Seleksi Garuda

Hari ini gue mendapat sebuah pesan yang dikirim dari salah satu follower di Fan Page Forum Pramugari. Tapi karena dia mengirim lewat email, gue pikir nggak ada salahnya gue posting di sini siapa tahu berguna buat banyak orang yang ada di sini. Oke, karena surat ini ditujukan pada Facebook personal gue jadi nama si pengirim gue samarkan saja ya jadi Miss ABC. Ini dia suratnya~

Dear Forum Pramugari,

aq mau tanya2 ttg recruitment pramugari garuda mba..
persyaratan dasar yg harus dmiliki calon pramugari itu yg bgmn ya mba ? aq pengen bgt daftar, tp aq minder mba.. aq ga cantik.. bnyak bekas jerawat jg.
sy cm menguasai bhs inggris mba..šŸ˜¦ kira2 gmn itu ya mba..
mohon bantuannya ya mba.. terima ksh..

Forum Pramugari menjawab:

Halo Miss ABC

Kamu tinggal di daerah mana dan mau ikut rekrutmen Garuda daerah mana? Kalau ikutan rekrutmen Jakarta berarti waktu yang kamu punya ya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan yang ikutan rekrutmen di Medan, Pekanbaru, dll. Di Jakarta, walk in interviewnya diadakan Sabtu tanggal 26 Maret 2011. Aku ikutan yang ini.

Semakin lama waktu yang kamu punya, maka semakin banyak persiapan yang bisa kamu lakukan. Kudengar di seleksi tahap awal itu tes fisik ya, aku belum tahu persis apa, tapi aku punya cerita tentang teman yang sudah pernah ikutan sebelumnya. Nanti akan kubagikan di Forum Pramugari biar kamu bisa baca juga.

Anyway, kalau minder ya berarti kamu sudah kalah duluan sayang. Memang namanya juga seleksi pramugari, pasti bakalan banyak kandidat yang cantik2 dan keren2, tapi percaya deh mereka juga sama nervousnya sama kamu. Aku udah ikutan 5 kali interview berbagai maskapai dan melihat banyaaaaak banget cewek cantik dan super cantik yang ga lolos seleksi. Ada banyak faktor, kebanyakan karena tinggi badan ga sesuai syarat dan (yang paling penting) nggak bisa berbahasa Inggris. Sementara, kamu punya poin plusnya tuh. Kamu menguasai bahasa Inggris jadi kamu harus menonjolkan kelebihanmu itu.

Jangan gugup, karena kalau gugup ya omonganmu pas interview bakalan kacau nantinya. Kalau kamu merasa sudah memenuhi syarat yang diminta Garuda (tinggi min.160cm, bisa bhs Inggris, berbadan sehat, kepribadian supel, dll) nggak ada rintangan apapun yang bisa menghalangi kamu buat ngelamar.

Ingat, buat jadi pramugari itu dibutuhkan keberanian. Mulai dari melamar, datang ke tempat interview sampai bertatap muka dan menyapa pihak rekrutmen. Kalau kamu berinteraksi dengan para rekruter saja sudah nggak bisa, bagaimana mereka bisa yakin kamu akan jadi pramugari yang bisa menenangkan penumpang di dalam pesawat? Oke segitu dulu saranku ya, semoga bisa membantu dan semoga suksesšŸ™‚

******

#Note: Buat yang mau mengirim surat dan bertanya seputar dunia pramugari, seleksi, proses rekrutmen dan lainnya, silakan kirim pertanyaan kamu lewat email ke forumpramugari@gmail.com dengan subject Dear Forum Pramugari nanti akan dijawab dan dipost di blog ini. Semua surat yang masuk akan disamarkan namanya dan kalau pertanyaan kalian berhubungan dengan maskapai tertentu, yang kebetulan gue punya teman bekerja di sana, pertanyaan akan langsung dijawab oleh orang yang kredibel. Jadi jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan kalian dan kita bisa saling berbagi di sini, oke? Terimakasih sudah mampir ke Forum PramugarišŸ™‚

 

 

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: