DFP: Harap-harap Cemas Tunggu Email Balasan

Hello again, gimana nih kabar kalian semua hari ini? Semoga baik-baik saja ya~ Anyway, hari ini ada surat baru yang masuk ke email forumpramugari@gmail.com menanyakan tentang application email yang belum dibalas oleh pihak HRD maskapai penerbangan asing. Surat ini dikirim oleh seorang cowok yang menamakan dirinya funchopatt. Hmm, harap-harap cemas nih ceritanya hehehe~ Yuk, baca suratnya, siapa tahu berguna buat kalian yang punya pengalaman yang sama…

Dear Forum Pramugari,

Saya pria berusia 22 tahun. Bulan Januari lalu saya mengikuti seleksi pramugara Garuda Airlines dan gagal di tahap measurement, dan kala itu saya sadari dengan tingi 171 cm dan berat 76kg saya belum mencapai berat ideal.

Kemudian selepas test itu saya melakukan diet dan berhasil mengurangi berat badan hingga 5 kg sampai ketika email ini saya buat.

Saya menunggu ada vacancy untuk flight attendant, hopefully sih yang interntional karena saya ingin seperti kakak perempuan saya yang pramugari SQ (dalam hal kesuksesannya)

Begitu mendengar ada lowongan di cathay pacific saya bergegas mengirim lamaran ke email yang disediakan. Sembari bekerja di sebuah hotel di daerah Legian, Kuta, Bali saya mempersiapkan diri. Namun sejak email saya terkirim sya belum menerima invitation dari CX (memang sih deadline applicationnya tgl 9 april) tp saya khawatir.

Apa sebaiknya saya menunggu atau resend lamaran saya?
. ,,,,
::‧(◦ˆ ⌣ ˆ◦)‧::
°◦°◦ •♥<3τнäиκ‎​ чöü<3♥• °◦°◦ Ўªãª.

Forum Pramugari menjawab:

Hai Funchopatt, terus terang saat membaca email kamu ini aku salut sama kamu. Kamu punya tekad yang kuat untuk menjadi seorang pramugara sampai-sampai kamu melakukan diet dan berhasil menurunkan berat badanmu. Itu usaha yang hebat dan patut diacungi jempol. Untuk urusan berat badan ideal, ada cara pengukuran yang dinamakan BMI (Body Mass Index) dan itu bisa dikalkulasikan dengan software yang banyak bertebaran di internet. Buat yang mau mencoba mengukur BMI, bisa masukkan tinggi dan berat badan kamu di software ini. Setelah itu langsung klik tulisan METRIC dan masukkan tinggi badan (cm) dan berat badan kamu (kg).

Nah, berdasarkan perhitungan BMI kamu adalah 24,3 yang masih dalam batas berat badan normal. Kalau mau dibuat lebih ideal, kamu harus bisa mencapai nilai tengah dari range BMI normal (18,5-24,9) yaitu kira-kira 20,5-21,9. Jadi yah, kamu bisa nurunin 3-4 kilogram lagi.

Semoga ini bisa membantumu soal berat badan ideal ya. Nah, kalau soal application letter yang belum mendapatkan balasan, saran saya jangan terlalu khawatir. Lagipula, seperti yang kamu juga sadari, masa application deadlinenya belum berakhir. Justru dengan semakin cepat kamu mengirimkan lamaranmu akan menunjukkan keseriusanmu kepada mereka bahwa kamu benar-benar menginginkan pekerjaan ini. Selain itu, pihak HRD memang biasanya membalas setelah deadlinenya lewat. Berhubung interview CX diadakan pada pertengahan Mei, saya asumsikan pihak rekrutmen akan mengirim email balasan pada akhir April atau awal Mei.

Sewaktu melamar untuk Qatar Airways, saya baru mendapat email konfirmasi untuk mengikuti interview pada tanggal 1 Maret lalu, dengan pemberitahuan tanggal CV submission pada tanggal 5 Maret. Padahal saya sudah mengirimkan lamaran sejak pertengahan Februari. Bisa dibayangkan betapa harap-harap cemasnya saya.

Kalau pada saat pengiriman email berisi CV dan application letter kamu sudah berhasil mengirimkannya, maka tidak perlu lagi mengirimkannya ulang. Yang perlu tinggal berdoa saja supaya kamu dipanggil atau mendapat notification email dari mereka.

Tapi sembari menunggu balasan dari mereka, ada baiknya Funchopatt coba mempelajari company profile CX seperti apa, nilai-nilai apa yang dijunjung oleh salah satu maskapai terbaik di dunia itu dan juga tentang budaya Hong Kong. Itu akan mengalihkan perhatianmu dari rasa cemas berlebihan ke kegiatan positif yang lebih baik dan pastinya lebih berguna buat menghadapi panggilan interview nanti.

Anyway, melihat latar belakangmu yang bekerja di sebuah hotel di Legian, Kuta, Bali, itu sudah menjadi nilai plus bagi rekruter. Saya yakin 85 persen kamu akan dapat panggilan buat interview atau setidaknya seleksi tahap awal. Jadi kamu percaya diri saja ya dan jangan lupa berdoa sambil berusaha.

Soal prestasi kakakmu yang bisa bekerja sebagai pramugari di SQ, kamu tidak usah khawatir. Ya memang rejeki kakakmu untuk bekerja di sana. Siapa tahu kamu jodoh bekerja di CX dan nantinya bisa bagi-bagi berita bahagia di forum ini buat yang lainnya hehehe ^^ Lagipula kompetitor calon pramugara biasanya jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan calon pramugari. Jadi kamu bisa bersyukur setidaknya peluang masuk lebih besar. Meskipun begitu, karena ini maskapai penerbangan internasional kita nggak pernah tahu sebanyak apa calon pramugara yang juga berniat mendapatkan pekerjaan ini seperti kamu. Jadi ada baiknya mempersiapkan diri dengan matang.

Selain itu, tanamkan dalam pikiranmu bahwa Cathay Pacific kali ini merekrut jauh lebih banyak orang daripada maskapai asing lainnya yang sudah kucoba interview. Untuk kali ini mereka berencana merekrut sebanyak 100 WNI buat jadi pramugari/a mereka. Yup, kamu nggak salah baca. SERATUS orang buat jadi pramugari/a Cathay Pacific! Jadi percaya diri saja dan lakukan yang terbaik sambil menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan.

Segitu saja saran dariku, semoga membantu ya~
Terimakasih sudah mengirim surat ke Forum Pramugari ^^

*Berita tentang CX rekrut 100 WNI jadi pramugari/a bisa dilihat di website kompas.com dan detik.com

Tagged: ,

3 thoughts on “DFP: Harap-harap Cemas Tunggu Email Balasan

  1. Funchopatt March 18, 2011 at 9:03 AM Reply

    Dear Marintan,
    It;s fabulous how you share excellent information to those who have interest in making their way to be flight attendat.
    Saya pribad mengucapkan banyak terima kasih atas responnya yang sungguh menenangkan hati🙂

    I noticed how I still need to work on my weight, it’s O.K though. Victory loves preparation kata orang, hehehe.

    I wish us good luck.

    Regards,

    Dani

  2. dearmarintan March 18, 2011 at 12:23 PM Reply

    It’s my pleasure, Dani. I really wish us luck for the next attempt to pursue this dream job🙂

  3. Vira March 30, 2011 at 10:48 AM Reply

    Let’s gather up together when it comes to the day of the interview so we can support each other!🙂

Leave a Reply

