DFP: Jelang Interview CX (part 1)

Hai semuanya, apa kabar?

Interview CX seminggu lagi dan ada beberapa pertanyaan yang masuk ke email Forum Pramugari. Sepertinya banyak yang gugup karena baru pertama kali mengikuti interview semacam ini. Nah, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sudah saya jawab dan semoga berguna buat kalian. Selamat membaca.

#1 Mail from a male candidate named U Cuy

sorry mau tanya aja mohon di bales, ngga di posting juga ngga pa pa. Iseng-iseng daftar cathay pacific ternyata dapet panggilan, padahal di cv udah di tulis kalau tinggi cuma 158 mungkin kurang ini untuk pramugara loh!.

1. apakah nanti jika di tempat interview akan di ukur lagi? kalau kurang dari 158 bagaimana? padahal seharusnya pramugara itukan minimal 165?

2. kalau pun lolos dengan 158cm, bagaimana dengan arm reach?untuk tinggi 158 apakah arm reachnya sampai 208 cm? bagaimana cara menghitungnya?

terima kasih, mohon di balas cepat karena saya bingung apakah ikut tes atau tidak, mengingat harus membuat passport dan tentunya tidak mau rugi kalau memang jelas sudah tidak mungkin lolos.

Forum Pramugari menjawab:

Hai U Cuy, maaf banget baru bisa bales skrg krn kerjaanku hectic bgt akhir2 ini.

Menurutku, akan sangat mengecewakan sekali kalau kamu ga dateng ke interview CX. Kenapa? Karena ada beberapa alasan, antara lain:

1. Kamu diundang! Sementara ribuan applicants lainnya nggak seberuntung kamu dapet undangan dr CX. Kesempatan ga dateng dua kali jadi harus kamu manfaatkan sebaik2nya. Sekadar informasi buat kamu, barusan aku dapat email dr cewek yang sedih banget krn ga dapet invitation padahal dia merasa ga ada yang salah dengan dirinya. Bagaimana mungkin kamu yang udah diundang malah ga menghargai undangan itu say? Coba bayangkan perasaannya dan juga ribuan orang lainnya yang ngarepin banget dapet undangan tapi ga seberuntung kamu. Jadi jangan disia-siakan ya.

2. CX itu mencari cabin crew yg bisa mencapai armreach sesuai yang mereka minta. Bukan berdasarkan tinggi badannya krn mereka mencari cabin crew yang bisa bekerja dengan baik bukan mencari model yang tinggi badannya menjulang. Jadi kamu pede aja ya. Apalagi katanya armreach test nanti boleh jinjit kok. Cara mengukurnya sederhana saja. Coba kamu bikin pembatas di tembok kamar dgn ukuran tinggi 208cm. Kalau kamu mampu menyentuh pembatas setinggi itu, dengan jinjit, artinya kamu berhak ikutan interview CX. Bahkan pramugari Singapore Airlines syarat tinggi minimalnya aja 158cm kok dan mereka mampu menyentuh overhead bin. Tinggi pesawat dan interior pesawat CX dengan SQ itu sama karena mereka sama2 pakai Airbus dan Boeing yang spacious. Sebagai gambaran, tinggiku cuma 160 cm tapi kalau jinjit aku bisa menyentuh titik setinggi 212-213cm.

Sebelumnya di forum pramugari aku pernah bikin artikel ttg tips & tricks seputar armreach test. Silakan kamu cari dan baca di blog ya.

3. CX adalah perusahaan multinasional yang mengklaim dirinya sebagai equal opportunity employer. Jadi sekalipun utk stereotipe cowok Indonesia kamu merasa tinggi badanmu kurang, bukan berarti mereka berpikiran sama dengan kamu. Just go for it and who knows that you’re lucky.

4. “Bikin paspor cepat dan tidak mau rugi kalau sudah tidak mungkin lolos” adalah mindset yang harus kamu ubah say. Bikin paspor itu hanya 300ribuan. Sementara kalau kamu dapat kesempatan jd cabin crew buat mereka itu harganya ga ternilai. Jangan sampai langkah kamu terhalang hanya krn salah satu syarat, yaitu paspor, nggak bisa dipenuhi. Everything has its own risks. Even gamblers in Las Vegas know that they have a chance to either win or lose. Tapi kalau mereka ga pernah nyoba, siapa yang tau bagaimana hasilnya. Begitu juga dgn kamu. Jadi dicoba ya jangan sampai kamu menyesal karena penasaran atau merasa udah menyia-nyiakan kesempatan di depan mata ini.

Do your best and let God do the rest. Maaf ya kalau balasnya lama dan kalau ada kata2 yang kurang berkenan dari jawabanku ini. Terimakasih. Gbu and wish you the best of luck ^^

#2 Mail from a female candidate named Ilsye

1. Mba aku baca di blog mba yg tanya jawab ttg Cathay Pacific. Mba ada teman yg jd preamugari Cathay ga? Aku takut arm nya ga sesuai standard. Terus jg pengen tau test & pertanyaan apa aja yg akan diberikan. Mungkin mba ada teman yg bs bantu? Terima kasih banyak yah

2. Maff aku email mba pribadi. Aku liat di pramugari wordpress dan masuk ke blog mba. Dan ada email mba. Ttg Cathay Pacific harusnya Aku tenang & pasrah aja yah. Jd ga tegang. Takut aja ada pertanyaaan2 yg tdk bs Aku jawab atau ada syaray2 lain. Terima kasih buat waktunya yah mba.

3. Iya aku boleh minta tips2 dr teman mba yg kerja di Cathay Pacific ga? Aku interview Mg depan. Aku merasa ga PD dan minder aja krn merasa bs ga lolos=( Aku hanya mencoba aja skr

Forum Pramugari menjawab:

1. Hai Ilsye,

Kamu tau personal emailku dari mana?

Tentang armreach test memang itu salah satu dari syarat wajib CX. Kamu kenapa khawatir? Memangnya tinggimu berapa say? Soal pertanyaan dan tes apa saja yang diberikan terus terang aku kurang tau krn memang belum pernah ikutan sebelumnya. Tapi yang kudengar katanya akan ada group discussion. Makanya kita semua diberikan jadwal yang berselang 45 menit untuk masing2 grup.

Temanku memang ada yang kerja di CX, tapi aku pun enggan nanya lebih jauh apa saja testnya. Karena itu kurang etis. Saranku belajar saja tentang company profilenya Cathay Pacific, apa saja visi misi perusahaan dan cari-cari foto wajah pramugari Cathay. Lihat bagaimana mereka tersenyum dan berlatihlah seperti itu ya.

2. Yah, memang seharusnya santai saja Ilsye, supaya hasil yang dapat bisa maksimal. Karena kalau gugup nanti kamu akan susah ngomong, atau lebih parahnya lagi lupa tersenyum hehehe… But it’s okay, gugup itu biasa kok. Yang perlu diatasi ya gimana caranya supaya nggak terlalu keliatan. Nanti aku bakalan tulis tips2 mengatasi gugup interview deh siapa tau membantu🙂

3. Aku punya kenalan yang kerja di Cathay Pacific. Belum bisa disebut teman juga sih krn kenalnya juga dari Forum dan berlanjut ke Facebook tapi dia baik dan mau memberi banyak saran buat pembaca di sini. Saran dari dia untuk bersikap rileks dan tenang dalam menjawab pertanyaan interviewer ataupun berdiskusi di group discussion nanti. (*Coba kamu browsing comment box di forum ini dan cari tips yang dikasih sama Wahyu ya). Sebagai tambahan aku punya beberapa tips lainnya kok yang nanti akan dibagi ke forum. Jadi sering2 mampir ke blog ya. Atau biar ga ketinggalan postingan, kamu subscribe aja via email.

Ohya Ilsye, bicara soal minder dan ga PD. Sekarang tanyakan pada dirimu sendiri, akankah kamu sia-siakan kesempatan yang sudah diberikan CX ke kamu? Karena ada banyak lho applicant yang berharaaaappp banget buat diundang interview (dan mereka merasa memenuhi persyaratan) tapi sayangnya mereka ga seberuntung kamu yang diundang. So, be confident because you are chosen🙂

That means you are qualified to be their crew and they are interested to hire you. The thing is, how you present yourself. Kesempatan ga datang dua kali, jadi jangan disia-siakan hanya karena kamu nggak pede oke say? Aku yakin kamu pasti bisa kok. Semangat yah🙂 GBU

Itulah dua email yang masuk tentang interview Cathay Pacific. Semoga jawabannya berguna buat kalian ya. Ohya, saya sendiri juga sama-sama wannabe seperti kalian. Maaf ya kalau lama menjawab email karena saya pun belum pernah ikut interview CX sebelumnya dan harus bertanya-tanya ke beberapa teman yang sudah pernah supaya jawabannya nggak ngasal juga hehehe. Thanks for reading this post and have a nice day, guys ^^

Tagged:

16 thoughts on “DFP: Jelang Interview CX (part 1)

  1. dearmarintan May 6, 2011 at 11:23 AM Reply

    Oya, buat sesama wannabe yang mau ngobrol2 di sidebar blog ini ada Chatroll. Klik yang ada tulisan “Forum Pramugari Chat – Click Here!” silakan buat janjian ketemuan atau ngobrol2 biar lebih cepat responnya ya.

    Nanti aku bakalan gabung di chatroll jam 4 sore. See ya guys ^^

    • popo May 6, 2011 at 3:25 PM Reply

      tq banget buat informasinya untung aku buka ini forum jadi berguna banget tq yah admin..

  2. phee May 6, 2011 at 9:41 PM Reply

    Tq bgt infonya. Awalnya gua udah agak kcl hati n tkt bgt dgn tinggi bdnku yg 158cm tp berkat post mu, gua jd pede n bkl fight bgt buat ini.

    Mao nanya, gua ada bekas luka akibat kecelakaan motor di kedua siku kaki gua. Klo gua berdiri, bekasnya ga keliatan tp klo gua duduk itu bekasnya keliatan bgt😦 n jujur itu sangat mengganggu penampilan bgt. Nah pramugari kan roknya panjang ya? Tp klo ada bekas luka gt akan jd masalah ga ya walaupun tr ga akan keliatan krn ketutup bju. Tq bgt klo pertanyaan ku di jawab soalnya gua tkt bgt n itu buat g agk down😦

    • dearmarintan May 9, 2011 at 10:06 AM Reply

      Hai Phee maaf baru sempat membalas komenmu ini. Untuk bekas luka bisa diakali dengan foundation. Setelah itu kamu bisa memakai stocking sewarna dengan kulit supaya bekas luka yang udah ditutupi foundation/concealer itu tersamarkan.

      Lagipula kamu bilang bekas luka itu tertutup baju jadi nggak akan terlalu jadi perhatian. So no worries about this. Concentrate your mind about the interview🙂

      Gudluck ^^v

  3. sun May 6, 2011 at 11:11 PM Reply

    sm mbak dearmarintan,

    aku cm mo tnya, klo berat badan dan warna kulit pengaruh ga yaa klo mo jd FA,? coz brt ku skrng 78, dan kulit ku berwarna coklat,dan jadwal tes ku tgl 12.

    trimz mbakk.,

    • dearmarintan May 9, 2011 at 10:09 AM Reply

      Berat badan mungkin berpengaruh, tapi kalau warna kulit setauku tidak ya. Selama kulitmu terjaga dan nggak ada bekas luka yang mencolok, then it’s okay.

      Kulit warna cokelat itu eksotis dan khas Indonesia banget lho. Jadi jangan khawatir. Kalau kamu browsing foto-foto cabin crew CX tidak semuanya putih dan mereka pun tidak membeda-bedakan ras. Yang penting kamu presentable dan bisa diandalkan untuk bekerja buat mereka. So no worries at all. Soal berat badanmu yang 78 kg, aku nggak bisa menjawab dengan jelas karena kamu nggak menyebut gender dan tinggi badanmu dengan jelas juga. Jadi jangan terlalu dipikirkan ya, datang sajalah dulu. Usaha sambil berdoa, soal hasilnya seperti apa, serahkan sama Tuhan oke?

      Wish you the best of luck🙂

  4. &y May 6, 2011 at 11:49 PM Reply

    ini 1 nie yg masi ag ganggu pikiran saya… tar pas dateng saya pake kacamata bole ga y?

    soalnya klo ga bole pake rada ane juga… karena d CV saya, saya ad cantumin foto pake kacamata

    • dearmarintan May 7, 2011 at 12:33 PM Reply

      Andy datang saja. Toh kamu tetap dapat panggilan walaupun fotomu berkacamata kan? So jangan terlalu diambil pusing yang penting kamu tampil dgn baik pas interview nanti. Oke?

  5. moo May 9, 2011 at 8:33 AM Reply

    Hi All,gue juga bakalan ikut interview CX…gud luck for all of us🙂

    Anw, gue cuma mau kasih saran buat semuanya…gue denger2 CX itu jarang adain recruitment, so this is like once in a year chance (or a couple of years)..so here’s some tips from me:

    1. prepare your script..emang sih gue baca2 dr internet stage pertama adalah group discussion..but then ga ada salahnya kalian coba prepare script kalian kalo nanti disuruh memperkenalkan diri (kali-kali aja disuruh perkenalin diri kan?)..at least kalo kalian udah prepare, bisa meminimalisasi ba bi bu atau eh oh hm or keserimpet pas ngomong..

    2. S.M.I.L.E….the biggest point of being a good cabin crew is to be able to always smile wholeheartedly…so, mau kalian nanti lagi nunggu di ruang tunggu, ato udah di ruangan buat mulai interview, give out your best smile to everyone :)…

    3. please put on your transparent contact lenses. buat kalian yang pake kacamata, ga ada salahnya buat play safe dengan make contact lense karena pramugara dan pramugari itu gak ada yang pake kacamata pas lagi on duty. dan sepengalaman gue dulu pernah interview (bukan di CX), mereka gak mau kalo kita pake contact lense warna warni, karena itu kan bukan warna asli mata kita…i mean, ini kan kesempatan yang jarang, so play safe aja ;)….

    4. buat kalian yang punya scar atau bekas luka, kalo memang bisa ditutupin sama foundation yah dicoba aja, tapi jangan sampe belang atau keliatan ga natural. gue dah sering banget baca blog atau forum yang orang2nya khawatir dan takut karena kulitnya gak sempurna, beratnya gak ideal, mereka gak tinggi semampai, dll..tapi gue quote sedikit dari penulis blog itu, mereka bukan mencari model atau manusia sempurna (secara memang gak ada manusia yang sempurna). dan masalah mereka mau menerima kalian dengan kondisi seperti itu atau nggak, yah biarkanlah mereka yang memutuskan karena itu memang hak mereka. kewajiban kita adalah MEMPRESENTASIKAN DIRI DENGAN BAIK.. so guys, don’t worry too much tentang luka atau apapun itu yang dalam waktu dekat ini udah ga bisa diubah lagi. tapi coba kalian pikirkan, gimana caranya kalian bisa “sell out” diri kalian dengan baik dan dengan cara yang mereka mau..

    5. banyak minum air putih buat menjaga kelembaban kulit, plus meredakan nervous. senyum juga bisa meredakan nervous lho, makanya dianjurkan banget buat banyak senyum..hehehehe

    6. hmmm, kalo ini sih cuma pendapat pribadi gue yah..waktu group discussion nanti pasti kita pengen banget jadi stand out di antara yang lain, dan tanpa kita sadari kita jadi cas cis cus mulu dan mungkin sedikit “arogan” kelihatannya… here’s the thing, being a cabin crew means you’re being in a team. tentunya kita harus jadi a good team player kan? a good team player itu gak pernah mau stand out sendiri, tapi dia juga harus mendengarkan orang lain. so, tugas kalian adalah find out gimana caranya kalian present diri kalian sebagai good team player dengan cara mendengarkan dan hal-hal lainnya.

    oke deh sgitu dulu tips dari saya…gud luck buat kalian semua…i’ll see you guys there😉

    • dearmarintan May 9, 2011 at 10:10 AM Reply

      Thanks a lot, moo.. nanti tips kamu ini akan aku re-post di artikel terpisah supaya makin banyak yang baca.

      Semoga sukses buat interviewmu nanti ya😉

  6. iyes May 10, 2011 at 11:07 AM Reply

    aku mau taya, apa harus semua persyaratan di bawa saat interview..
    passportku blm selesai soalnya…😦
    kira2 bisa menyusul gak yaa?? tq

  7. dewi Purnamasari May 13, 2011 at 2:45 AM Reply

    mba tinggi ku 163 berat 50 .. pdhal aku pngen bgt ikut interview .. kpn ya lagi ada pembukaan interview nya ? thx

  8. adam September 19, 2011 at 8:00 AM Reply

    Hai mba, sy mau tanya. Baru aja sy dapet panggilan utk. pramugara, tp maskapai pnerbangan indo sih. Pengen tau, tinggi sy 173 dan bb 56.. Itu udah ideal belom sih? Muka sy juga ada bekas jerawatnya, bisa lolos ga ya?

    Jujur sy tegang utk test kesehatannya krn kabarnya kita ditelanjangi dan di cek keseluruhan badan, saya malu karna punggung sy berjerawat, meskipun ga bnyk. Apa masi bisa lolos dengan kondisi spt ini?

  9. utami dewi November 4, 2011 at 7:32 AM Reply

    Seneng banget baca ini jadi aku tau… Saya ingin sekali jadi pramugari tinggi saya 165 cm . Berat bdan saya 50kg tapi saya punya bekas luka di lengan jadi saya berfikir cita cita saya sejak kecil ini , terhambat karna bekas luka di lengan saya .😦

  10. FA Wannabe June 20, 2012 at 10:26 PM Reply

    Hi, rasanya senang sekali membaca cerita teman-teman tentang pngalaman interview baik yang sudah diterima atau yang masih terus mencoba. Saya pernah beberapa kali mencoba datang ke recruitment day beberapa maskapai, dan memang saya mempunyai background di bidang hospitality industry. Saya tahu bagaimana rasanya ketika kita sudah memakai seragam, kita sudah seolah-olah mempunyai identitas baru, menjadi seseorang yang bukan kita. Sayang saya tidak pernah berhasil untuk lolos untuk menjadi Flight Attendant, tapi saya mempunyai teman yang bekerja untuk CX dan kita masih sering bertemu setiap kali dia pulang ke Indonesia. Saya merasa mimpi-mimpi saya hidup melalui cerita-ceritanya. Harus diakui tes untuk menjadi FA sangat sulit dan memang kdang kita bertanya-tanya dimana kekurangan kita, Saya sendiri sekarang sudah bekerja di office dan saya mendapat beasiswa untuk belajar di US. Perjuangan untuk mendapatkan beasiswa saya rasa jauh lebih mudah dibandingkan menjadi seorang FA. Buat teman-teman yang masih terus mencoba jangan pernah putus asa dan patah semangatt.

  11. Difari December 1, 2012 at 8:32 PM Reply

    Mbak-mbak mugari, nama saya Tengku Difari, sekarang masih duduk di SMA. Saya mau nnyak ni mbak, untuk menjadi Pramugara, syarat di setiap airlines beda-beda ya? Apakah semua Pramugara harus mempunyai tinggi badan 170 dan berkulit putih? terus, berhubung sekarang saya masih kelas 3 SMA, apakah mengikuti sekolah pramugari/a perlu untuk persiapannya? mohon jawabannya mbak-mbak. Terima kasih sebelumnya..

Leave a Reply

