How to Make a Simple yet Appealing CV

Curriculum Vitae (CV) menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap proses melamar pekerjaan. Ibaratnya sebuah kartu nama, CV menjadi salah satu faktor penentu seorang rekruter dalam memilih kandidat yang ingin diundang hadir dalam interview.

Hal ini berlaku di semua bidang pekerjaan, termasuk profesi sebagai awak kabin (cabin crew/flight attendant). CV menjadi semakin penting apalagi dalam proses rekrutmen yang bentuknya walk in interview karena rekruter hanya memiliki sedikit waktu untuk menilai potensi seorang kandidat. Jadi bagaimana cara membuat CV yang menarik? Baca tips lengkapnya berikut ini.

Seperti gambar di atas, format CV yang simpel dan terlihat profesional akan langsung menarik perhatian rekruter. Sebab itu artinya kandidat sudah siap menghadapi proses seleksi dalam pekerjaan yang dilamarnya. Font yang disarankan adalah Arial, Calibri atau Times New Roman karena terlihat lebih profesional. Panjang CV sebaiknya antara 1-2 halaman, tidak lebih dari itu karena (ingat) rekruter hanya punya sedikit waktu untuk membaca ratusan atau bahkan ribuan CV yang masuk.

Selain itu CV yang singkat dan padat lebih menarik perhatian daripada yang bertele-tele dan terkesan sombong. Ingat untuk hanya mencantumkan hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Seandainya kamu pernah memenangkan lomba menyanyi dalam Festival 17 Agustusan, menurutmu apakah itu penting untuk dicantumkan dalam CV yang bertujuan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang awak kabin?

Bila kamu punya kelebihan dalam bidang bahasa, customer service, pekerjaan/kegiatan/organisasi yang menuntut leadership dan berhadapan dengan banyak orang, maka jangan ragu untuk mencantumkannya dalam CV. Ini akan menjadi poin plus yang membuat rekruter lebih melirik kamu dibandingkan kandidat yang lainnya.

Format CV di atas bisa kamu jadikan panduan dalam melamar pekerjaan sebagai awak kabin (atau bisa juga untuk pekerjaan yang lainnya). Isinya bisa kamu ubah sesuai dengan profil diri kamu dan syarat/keterangan yang diminta oleh maskapai yang kamu tuju. Bila gambar di atas kurang jelas, klik pada gambar dan di-zoom untuk melihat item-item di dalam CV supaya lebih kelihatan.

Ayo rapikan kembali CV-mu dan selamat berjuang mengejar cita-cita!šŸ™‚

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: