Seragam Pramugari dari Masa ke Masa (part 1)

Cabin crew atau awak kabin merupakan profesi yang menjembatani hubungan antara sebuah maskapai penerbangan dengan para penumpangnya. Tidak heran bila penampilan dan perilaku para pramugari/pramugara sangat mempengaruhi penilaian dan bahkan kesetiaan penumpang pada maskapai tersebut.

Salah satu aspek yang paling penting dalam penampilan adalah seragam yang dikenakan. Penasaran ingin tahu seperti apa perkembangan seragam pramugari dari masa ke masa? Yuk, kita lihat foto-fotonya berikut ini.

1920an: Swiss Air

Seragam pramugari yang dirancang pada tahun 1920an terlihat lebih mirip pakaian pria dibandingkan pakaian wanita. Ini bisa dilihat dari blazer panjang berkancing yang sama sekali tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Ditambah aksesoris topi yang tidak feminin, seperti inilah penampilan pramugari pada masa itu. Tidak terlalu mengherankan karena pada masa itu fungsi utama pesawat adalah mengantarkan surat dan barang dalam jarak jauh.

Foto ini memperlihatkan pramugari Swiss Air yang sedang berpose di Bandara Tempelhof, Berlin. Di akhir tahun 1920an, maskapai itu mulai mengubah tampilan seragam pramugarinya bersamaan dengan hadirnya layanan bagi penumpang pesawat yang jumlahnya masih terbatas.

 

1930an: United Air

Ellen Church (kanan) adalah pramugari pertama Amerika Serikat. Seragam yang dikenakannya tampak lebih kaku daripada seragam pramugari junior yang berdiri di sampingnya. Seragam Ellen mencerminkan tren era 30an ketika wanita pada masa itu masih umum memakai baju dengan kerah tinggi dari bahan kain yang sedikit kaku. Pramugari junior di sebelah Ellen terlihat memakai seragam era 1940an yang terlihat lebih feminin darinya.

Pada masanya, Ellen bisa dibilang sebagai wanita pelopor profesi pramugari. Sebab pada masa itu tidak banyak yang berpikir bahwa wanita bisa mempunyai peran penting dalam industri aviasi. Ellen awalnya melamar pekerjaan sebagai seorang pilot untuk pesawat Boeing. Namun wanita yang sebelumnya berprofesi sebagai perawat itu malah diarahkan sebagai seorang pramugari.

1940an: Canadian Colonial Airways

Walaupun masih terlihat bergaya militer, penampilan pramugari di era 1940an mulai menunjukkan sisi feminin dari figur wanita yang menjalani profesi tersebut. Ini bisa dilihat dari ornamen kancing dan topi yang serasi dengan blazer atau roknya.

Perubahan tampilan seragam di era 1940an terjadi karena pada masa itu pesawat mulai menyadari pentingnya penampilan pramugari. Apalagi dengan meningkatnya jumlah penumpang pesawat, aspek penampilan tentu menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan selain pelayanan yang baik.

1950an: BOAC Comet

Di era 1950an, seragam pramugari relatif tidak banyak berubah dalam segi desain. Gaya militer masih menjadi ciri khasnya. Namun siluet seragamnya lebih disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita. Di masa itu, rok pensil menjadi tren tersendiri di kalangan berbagai maskapai.

Meskipun penampilannya masih bergaya konservatif, ternyata profesi sebagai pramugari sangat bergaung di tahun 1950an. Gadis-gadis muda di era kejayaan aktris Marilyn Monroe itu sangat tertarik untuk berkarir di udara. Sayangnya, aturan untuk menjadi pramugari kala itu sangat diskriminatif di antaranya harus berkulit putih, belum menikah, cantik dan muda.

Seperti apa penampilan para pramugari di era 1960an hingga kini? Simak di postingan berikutnya.

Source: News Travel AOL

Tagged: , , , , ,

2 thoughts on “Seragam Pramugari dari Masa ke Masa (part 1)

  1. dWi August 22, 2011 at 2:28 PM Reply

    niceeeeeeeeeeeeeeee ^^
    ngeliat baju2nya, keinget pilem Pearl Harbour hehe

  2. natania August 28, 2011 at 1:32 PM Reply

    Wah beruntung bgt bwat yg jd pramugari…bangga jg klo pny uniform FA dr maskapai penerbangan..ohya aq mo skalian tny ma admin or spa aja yg tau.., batasan umur u/ pramugari maskapai internasional non experience brp ya? Trims sblumnya:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: