Frequently Asked Questions part 1

Dear wannabes, berikut ini adalah daftar pertanyaan yang berulang kali ditanyakan baik via Facebook, Twitter maupun email. Semua pertanyaan yang dimuat di sini umumnya sudah pernah dijawab/dibahas, namun sengaja dirangkum kembali khusus untuk kalian yang terlewat membacanya atau baru bergabung di Forum Pramugari. Disimak dengan baik ya, terima kasihšŸ™‚

Q: Mo nanya klo misalkan kita ikut pendidikan/sekolah pramugari dulu, itu menjamin langsung bisa kerja gak?
A: Tidak ada jaminan khusus bahwa setiap lulusan sekolah pramugari akan direkrut oleh maskapai penerbangan. Ini dikarenakan syarat yang ditetapkan maskapai berbeda, sehingga belum tentu lulusan sekolah pramugari dianggap memenuhi syarat tersebut. Apalagi setiap kandidat yang lulus seleksi dengan suatu maskapai, pasti akan dilatih kembali atau menjalani training sebelum terbang. Meski begitu, memiliki sertifikat dari sekolah pramugari menjadi poin plus yang menjadi bahan pertimbangan bagi pihak rekrutmen.

Q: Jadi pramugari itu capek gak sih?
A: Pekerjaan apapun pada dasarnya menguras tenaga dan pikiran sehingga membuat lelah. Termasuk bekerja sebagai pramugari/pramugara. Bagi sebagian besar orang, pekerjaan ini terlihat sepele; hanya melayani penumpang selama di pesawat, berpenampilan rapi dan menarik, serta bisa jalan-jalan ke luar negeri. Persepsi ini salah besar karena cabin crew bertugas menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang selama terbang. Bagi beberapa maskapai tertentu, cabin crewnya bahkan harus membersihkan dan merapikan kabin sesaat sesudah penumpang diturunkan. Jadi bisa dibayangkan capeknya seperti apa.

Q: Cewek berjilbab nggak bisa jadi pramugari ya?
A: Siapa bilang tidak bisa? Memakai jilbab bukan menjadi halangan untuk menjadi seorang pramugari, lihat saja ada banyak maskapai asing yang seragam pramugarinya justru dilengkapi dengan kerudung. Misalnya maskapai penerbangan khusus haji dan maskapai penerbangan dari Timur Tengah (Emirates, Etihad, dll). Tapi memang harus diakui bahwa tidak semua maskapai menerima pramugari berjilbab karena faktor estetika yang biasanya sudah dirumuskan dalam seragam mereka. Contohnya Singapore Airlines dan Korean Air (internasional) atau Garuda Indonesia (penerbangan reguler) dan Lion Air (domestik).

Q: Ada lowongan cabin crew lagi nggak sih? Please share infonya dong!
A: Dear wannabes, lowongan cabin crew atau posisi apapun yang berhubungan dengan maskapai penerbangan PASTI akan dimuat di blog Forum Pramugari dan linknya akan disebar baik lewat Facebook Page maupun Twitter. Jadi sabar saja ya dan selalu berkunjung ke blog ini biar nggak ketinggalan info. Kalau kamu tidak bisa berkunjung ke blog ini setiap saat, it’s okay. Pastikan kamu berlangganan postingannya via email yang bisa kamu klik di sidebar sebelah kanan blog ini. Mengingat blog ini hanya dikelola oleh satu orang saja, wajar kalau ada lowongan atau info yang terlewat. Karena itu saya harapkan bagi kalian yang tahu lowongan atau info terbaru apapun untuk membaginya di sini supaya yang lain juga tahu. Sharing is caring, right?

Q: Kalo jadi pramugari tuh bisa sambil kuliah ga sih?
A: Bukan berarti tidak bisa, tapi sulit. Mengingat flight roster bukan kita yang menentukan dan kuliah juga sangat penting, pasti kamu bakalan bentrok dan bingung memilih antara kuliah dan kerja. Dari pihak maskapai, mereka tidak akan merekrut kandidat yang masih dalam masa kuliah karena itu akan mengganggu pekerjaan.

Q: Kriteria untuk menjadi pramugari apa aja? Share please…
A: Ini adalah contoh pertanyaan yang sangat general. Setiap maskapai tentunya memiliki syarat dan kriteria yang berbeda untuk cabin crewnya. Ada maskapai yang mengharuskan cabin crewnya memiliki arm reach 212 cm, ada juga yang membolehkan mereka yang tinggi minimalnya 158 cm untuk menjadi cabin crew. Syarat dan kriteria cabin crew selalu bisa kamu lihat di iklan lowongan yang dicantumkan oleh setiap maskapai penerbangan. So, jangan malas membaca ya.

Q: Kenapa sih nomor handphone yang aku taruh di Facebook Forum Pramugari dihapus? Kan aku pengen kenalan dengan teman-teman yang lain?
A: Maaf bukan bermaksud untuk menghalangi pertemanan kalian via dunia maya. Tapi perlu diingat juga bahwa forum ini terbuka untuk umum dan bisa dilihat oleh siapapun. Informasi pribadi berupa email, nomor telepon/handphone dan alamat rumah pasti akan dihapus oleh admin. Hal ini demi kebaikanmu juga dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya penipuan atau penyalahgunaan informasi. Kalau mau berteman, bisa dengan mengundang secara pribadi lewat “add as a friend” di Facebook atau “follow” via Twitter. Urusan bertukar informasi setelahnya, di luar tanggung jawab Forum Pramugari. Namun diharapkan kalian bijak membagi informasi supaya tidak mengalami hal-hal yang buruk. Selain informasi pribadi, postingan yang tidak berhubungan dengan Forum Pramugari dan dunia aviasi juga akan dihapus dari wall Facebook. Apa saja contohnya? Misalnya jual-beli produk dan jasa, informasi lowongan kerja non-aviasi, maupun komentar yang dinilai mengandung SARA dan menjatuhkan citra seseorang dan/atau suatu perusahaan/maskapai penerbangan.

Sekian dulu kumpulan pertanyaan yang dimuat di Frequently Asked Questions (FAQ) ini. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan lainnya akan dirangkum dalam FAQ berikutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini ^^

Tagged: ,

8 thoughts on “Frequently Asked Questions part 1

  1. febyTK October 9, 2011 at 9:49 PM Reply

    i like your blog^^
    by the way, aku mau banget jadi pramugari mbakšŸ™‚ sekarang baru kls 3 SMA sih.. tapi sayang nih aku punya skoliosis .__.”

  2. Peter October 13, 2011 at 12:28 PM Reply

    Dear,

    Mba aku mau ikut interview FA. Bisa tolong kasih kisi-kisi interview utk FA?
    Oya, mau tanya sekalian, kalo FA saat interview pakai kacamata boleh gk? karna mata saya minus. Pad saat jadi FA kita pakai soft-lense boleh gk?

    Thanks untuk jawabannya…šŸ™‚

  3. Unun October 16, 2011 at 8:49 PM Reply

    Doakan ya.Kak, pagi tD aku ikutan rec airlines…Dan peseta yG lolos Akan dikbrin mlm ini via tlp/email..smog itu aku slh stunya..Amin

  4. Vivi October 23, 2011 at 7:42 PM Reply

    hanya ingin berbagi info aja nh, lebih baik saat di intrvw tdk menggunakan kacamata,lbh baik pakai softlens yang bening saja.. Kebanyakan airlines utk saat ini si semua FA nya boleh pakai soflens,so jgn khawatir kalo mata kita minus.krn mnrt saya itu hal yg sangat wajar di jaman teknologi sprt saat inišŸ˜€

  5. agitha sarii October 29, 2011 at 10:51 AM Reply

    mba…skrg aku msh kuliah smester pertma..klo sdh lulus mw coba dftar pramugari untk GIA..gppkan klo kt bkn lulusan skolah pnerbangan???.yg pnting punya kualifikasi yg bgus..

  6. Agitha Sarii October 29, 2011 at 10:55 AM Reply

    mba…skrg aku msh kuliah smester pertma..klo sdh lulus mw coba dftar pramugari untk GIA..gppkan klo kt bkn lulusan skolah pnerbangan???.yg pnting punya kualifikasi yg bgus kan

  7. sa'diah August 14, 2012 at 9:46 AM Reply

    mb’….aq pent tanya….
    add ga’ sii pramugari berjilbab,,,,,oz aq pngen bnget jadi pramugari tapi aq berjilbab..
    mksh

  8. lisni handayani March 9, 2014 at 9:54 PM Reply

    aku punya cita2 kepengen jadi pramugari ,tpi skrg aku bru klas 1 smk.,mudah2an aja tercapai buat jadi PRAMUGARIšŸ™‚ amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: