DFP: Menunggu Konfirmasi dari Garuda Indonesia

Dear wannabes,
I’d like to apologize for not posting in such a long time… Please forgive me…

Anyway, hari ini saat mengecek email Forum Pramugari, ada sebuah email yang masuk dari seseorang dengan inisial AEWR. Pertanyaannya berhubungan dengan rekrutmen pramugari Garuda Indonesia. Yuk, kita simak isinya!

Dear Forum Pramugari,
Hallo sis,, apa kabar..?
Senang rasanya bisa bergabung dengan forum ini..,, saya suka bgt info2 yang dibagiin utk qt2 yang pengen bgt jadi pramugari..,,

to the point aj ya sis,,
Sis,kemarin aq daftar pramugari GA yang ORnya dibuka online yang penutupannya tgl 15 september 2011,, dan ada e-mail balasan dari GA bahwa data saya sudah masuk utk posisi it,,trz tgl 15 it saya dikrim e-mail dari panitia utk hadir tgl 17 Sept,, tapi tanpa konfirmasi, saya tidak mengikuti tes tersebut karena ada keperluan keluarga yang mendadak..
tapi paz ada jobfair di balai kartini kebetulan ada Ga yang membuka kesempatan juga bagi yang berminat pramugari utk tes fisik TB/BB,, tapi aq OW 5 kg,,kata mba2nya apply lg aj bln dpn dan pastinya kamu harus kurangi BB km,, aq mengiyakan saja tanpa byk nanya karna sikon yang ramai jadi sulit utk byk nanya..
Bulan oktober ini diadakan OR pramugari GA lagii yang penutupannya tgl 27 Oktber 2011 dan tesnya tgl 29oktbr,,, n aq mw ikut lagi dan pastinya saya akan datang.. Tapi kenapa hingga sekarng saya gak dapet e-mail balasan konfirmasi data saya yang sudah saya apply ini..
yang saya mw tanyakan ke sis,,kira2 saya masih diberi kesempatan lagi gak ya sis utk iqt OR yang bln Oktber ini?? Apakah saya harus menghubungi tim rekrut utk kasih kesempatan utk saya?? Karna yg saya dgr dr tante saya,,ktnya yg udah pernah tes,,gak bisa apply 6bulan ke depan.. Bener ya sis?? Mudah2n engga,, hehe..

Dan saya mau tanya lagi,,selain GA,maskapai nasional apa yang bagus dan memberikan salary yg bagus juga??
Apakah Citilink yang merupakan anak perusahan GA memberikan salary yang bagus juga diabndingkan maskapai nasional lain? example: Lion Air,Batavia Air, Sriwijaya Air..
Bagaimana cara utk lamar jadi pramugari di Lion Air, Batavia Air, n Sriwijaya Air?
Apaka langsung ke kantornya di bandara di Soekarno Hatta??
Maaf sis byk nanya,karna saya masih amatir yang ingin mencoba bekerja menjadi pramugari

Mohon pertanyaan saya bisa dijawab ya karna ini sangat membantu saya..
dijawab lewat e-mail jg gpp sis
Trima kasih ya untuk bantuannya

Forum Pramugari menjawab

Hai AEWR, setelah membaca email kamu ini saya melihat ada sedikit kekhawatiran di hati kamu karena belum mendapat konfirmasi apapun dari pihak Garuda Indonesia (GA). Tapi saya harap saat kamu membaca balasan ini, sudah ada konfirmasi dari pihak GA bahwa kamu bisa ikutan walk in interview hari Sabtu, 29 Oktober nanti.

Memang masalah konfirmasi keikutsertaan dalam walk in interview GA ini sering mencemaskan banyak kandidat untuk ikutan. Banyak yang ragu dan bertanya-tanya apakah mereka yang tidak mendapat email atau sms undangan interview tidak bisa ikutan? Sebetulnya karena ini sistem rekrutmennya walk in interview kamu tidak usah ragu-ragu untuk datang sekali pun sampai pada hari H kamu belum juga mendapat konfirmasi. Email atau sms panggilan interview dikirimkan oleh pihak rekrutmen untuk memudahkan proses registrasi ulang saja karena saat kamu sampai di venue interview, ada banyak sekali yang ikutan.

Namun dalam beberapa kasus, GA membuat pengecualian. Contohnya bagi yang sudah pernah mengikuti walk in interview selama 3 kali berturut-turut dan gagal. Bila ini kasus yang terjadi, maka kamu akan diminta oleh pihak rekrutmen untuk menunggu sampai 6 bulan hingga boleh melamar kembali. Ada beberapa alasan yang menyebabkan ini bisa terjadi dan panitia rekrutmen tentunya punya pertimbangan tersendiri.

Nah, kalau dari cerita kamu yang sudah sempat ke Jobfair dan bertanya-tanya pada pihak rekrutmen GA, maka kamu masih diperbolehkan untuk mengikuti walk in interview pada hari Sabtu ini. Jadi nggak usah ragu-ragu lagi ya buat datang dan menunjukkan kemampuan terbaik kamu. Saran saya berlatihlah cara berjalan yang baik dan cara memperkenalkan diri dengan percaya diri dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Dengan demikian, peluang kamu untuk lolos ke tahap-tahap selanjutnya akan semakin besar.

Soal salary, sebaiknya jangan dipikirkan dulu karena nanti bisa mengganggu pikiran kamu saat walk in interview. Sebagai gambaran, GA adalah maskapai terbesar di Indonesia dan pastinya salary dan benefit yang akan kamu dapat lebih tinggi bila dibandingkan dengan maskapai-maskapai domestik lainnya. Demikian juga dengan Citilink yang merupakan subsidiary airline dari GA, gajinya pasti kompetitif. Untuk maskapai lain, terus terang saya kurang tahu. Namun, Lion Air merupakan maskapai swasta terbesar di Indonesia. Pastinya mereka juga menawarkan gaji yang baik bagi para awak kabinnya.

Terima kasih atas email yang sudah kamu kirim ke Forum Pramugari ya. Semoga jawabannya membantu. Saya mohon maaf karena lama membalasnya.

Warm Regards,

Forum Pramugari

*Note: Punya pertanyaan? Atau ingin berbagi pengalaman saat mengikuti cabin crew interview? Atau cuma ingin berbagi cerita soal dunia aviasi? Kirimkan pertanyaan dan ceritamu ke email forumpramugari@gmail.com. We will highly appreciate your emails🙂

Tagged: , ,

21 thoughts on “DFP: Menunggu Konfirmasi dari Garuda Indonesia

  1. Jane October 28, 2011 at 10:02 AM Reply

    datang aja,,jangan ragu buat melangkah dan semangat!!!!
    aku juga bakal datang tanggal 29 dari denpasar,malah tinggiku kurang meyakinkan aku,tapi kita harus tetep mencoba,kalu enggak kita ga akan tau potensi kita..!!
    Semangat ya!!!!sampai ketemu besok!!!!🙂

  2. anjelitarghh October 28, 2011 at 11:02 AM Reply

    dateng aja. dateng..! saya juga besok meluncur dari Bandung😀 see you!

  3. lena October 28, 2011 at 11:12 AM Reply

    minta fbnya dong..aku juga besok ikutan nih..deg2an oi..

  4. lena October 28, 2011 at 11:13 AM Reply

    thanks

  5. naomi October 28, 2011 at 12:39 PM Reply

    Hi sis, kira2 gambaran salary GA brpan ya? Apakah hampir2 sama seperti maskapai2 international yg lain? Thanks🙂
    Fulfil your dream guys!🙂

  6. adelaidesouhoka October 28, 2011 at 2:56 PM Reply

    Kak. sekedar info, Aku pernah PKL di Batavia air, kalau mau coba melamar di sana, CV nya jangan ditinggal, tapi ditunggu sampai dipanggil. Karena khusus pramugari/a harus beserta orangnya, bukan CV nya aja..
    Semoga membantu

  7. Piko October 28, 2011 at 3:48 PM Reply

    untuk Lion Air dan Batavia Air kamu sebaiknya rajin2 cek website mereka, disitu syarat-syaratnya dicantumkan dengan sangat jelas apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar. Kalau ga salah sih, Lion Air untuk pramugari ada walk in interviewnya di kantor pusat mereka di jl.Gajah Mada setiap hari Senin dan Jumat jam 8 pagi – 3 sore. Sedangkan Batavia Air juga membuka kesempatan Walk in interview langsung ke kantornya di jl.Ir.H.Juanda Setiap Senin sampai Jumat jam kantornya. Saran saya kamu coba hari senin atau jumat saja, bawa langsung CV nya untuk kedua airlines tersebut karena letak kantor lion dan batavia deketan. Good luck🙂

    • PutriPanda October 28, 2011 at 6:03 PM Reply

      wah,,,,,mkch yah utk informasinya,,,

    • sandry November 3, 2011 at 12:37 PM Reply

      kl untuk ngelamar pramugari ke semua airline ex ny sprt lion air, btavia , sriwijaya, garuda di medan dimana yah??
      thnx before…

  8. AEWR October 28, 2011 at 6:08 PM Reply

    Makasih FP utk balasannya yg sgt membantu aq,,
    kebetulan aq sudah dapat sms n email,,
    Thanx bgt y..
    ^^

  9. A. N adhea October 31, 2011 at 8:56 AM Reply

    kalo ke lion sama ke batavia cuman membawa CV ya ?

  10. dennisemyoorae November 22, 2011 at 6:36 PM Reply

    halo FP,
    saya dapat invitation utk tes tahap awal pramugari GA. nah, saya adalah orang baru dalam dunia ini. untuk itu, boleh dong share tentang apa yang harus saya lakukan dan pakaian apa yang biasa digunakan dalam event tersebut. terimakasih banyak..

  11. Ria Inaboi November 23, 2011 at 9:13 AM Reply

    Buat teman2 yg mau ikutan interview di GA langsung dateng ajh..kalo mengenaai salary sih di GA kecil..yang tinggi itu jam terbang nya..semakin banyak terbang uang yg didapat semakin banyak juga..

  12. Dearni November 27, 2011 at 2:58 PM Reply

    aku dapat invitation dr GA untuk walk interview tgl 3desember bsk, tapi saya lg sakit cacar uda 1minggu ini, dan ada beberapa flek di tangan akibat cacar itu. skrg sedang dalam pemulihan.. kira2 dalam kondisi sperti ini saya masih bs ikut walk interviewnya ga ya?? dan menggunakan pakaian apa saat interview nanti? dan persiapan apa saja yg saya perlukan untuk bs lolos dalam GA ini? Thanks before🙂

    • dinds December 3, 2011 at 4:39 PM Reply

      iya sama bgt! aku jg abis kena cacar. dan skrg bekas nya bener2 mengganggu. denger2 kulit jg dilihat yaa?? kpn lg ya garuda buka lowongan tq🙂

  13. putri kania February 26, 2012 at 8:34 PM Reply

    saya dapat kesalahan saat meregistrasi saya salah memesukan email dan saat mencoba mendaftar kembali tidak bisa karna no id ktp sudah digunakan.bagaimana jalan keluarnya mohon dibantu,apa masih bisa saya melamar pramugari GI untuk 3 maret 2012 nanti

    • lita March 1, 2012 at 5:52 PM Reply

      kamu buat email yg baru saja,kemarin juga email saya gk bisa masuk yahoo dn otomatis saya juga tdk bisa liat konfirmasi dari pihak GA,saya juga ikut perekrutan tgl 3 maret ini.good luck yah,,,,,semoga bisa membantu

  14. rian February 29, 2012 at 12:44 PM Reply

    kalo dapat kesalahan saat meregistrasi saya salah memesukan email dan saat mencoba mendaftar kembali tidak bisa karna no id ktp sudah digunakan, langsung log in aja itu b.arti kamu udh t daftar, soalnya kemarin ian jg gtu^^.

  15. Tarie April 7, 2012 at 10:53 PM Reply

    heii litaa.. km ikutan OR GA yg bln maret jugaa..🙂

  16. ina karlinawati January 15, 2013 at 3:33 PM Reply

    Hai, sist aku mau nanya, kemarin waktu tanggal 10 januari 2013 aku daftar online pramugari dan aku dapat balesan email dr pihak rekeutment lewat email tuk mengaktifkan email sampe aku berhasil buat resume dan registrasi lalu berhasil apply, tapi sampe sekarang tgl15 january email lagi belum dapat undangan atopun no.registrasi dr pihak rekrutment, tu kalo sampe pada terakhir tgl pndaftaran 24 januari masih belum dapat undangan juga, apa aku boleh tetap datang tuk ikut test sleksi pramugari?

    • yuni anggraini January 19, 2013 at 9:56 PM Reply

      Klo gk slah bs ttp dtg. Cb aj y..smpe ktemu ya sist

Leave a Reply

