Cabin Crew’s Story: Gemma from Qatar Airways

Gemma in Doha, Qatar

Tidak pernah terbayangkan sebelumya olehku kalau aku akan menjadi seorang cabin crew. Aku bukan lulusan perhotelan atau pariwisata, background studyku sama sekali berbeda dengan dunia aviasi. Semua impianku untuk menjadi cabin crew ini berawal dari seorang temanku yang memberitahu bahwa Singapore Airline membuka lowongan di JDC April 2010 yang lalu. Tiba-tiba terlintas di benakku bahwa asik juga kalau aku bisa menjadi seorang pramugari sebuah maskapai penerbangan intenasional, terbang ke berbagai penjuru dunia, dan bertemu dengan banyak orang dari negara lain.

Dengan penampilan seadanya dan tanpa pengalaman, akhirnya aku memberanikan diri untuk datang ke walk in interview SQ April 2010 yang lalu. Sesampainya aku di sana, aku shock!! Banyak sekali cewe-cewe yang cantik, tinggi semampai, bahasa inggrisnya pun bagus-bagus. Aku mencoba untuk PD dan berusaha sebaik mungkin. Tahap demi tahap aku jalani dan pada akhirnya aku failed. Aku sempat merasa down tapi aku mencoba untuk tetap semangat dan aku berjanji pada diriku sendiri bahwa suatu hari nanti aku akan berhasil menjadi seorang cabin crew sebuah maskapai internasional.

Perjuanganku tidak berhenti sampai disini, SQ sempat beberapa kali membuka walk in interview lagi. Aku selalu mencobanya dan gagal lagi. Kalau diingat-ingat, rasanya aku sudah 5x mengikuti walk in interview SQ dan selalu ditolak. Sempat terpikir untuk menyerah, mungkin cabin crew bukan pekerjaan yang cocok untukku dan mungkin Tuhan tidak mengijinkan aku untuk menjadi seorang cabin crew. Akan tetapi hati kecilku bilang bahwa jika kita berusaha dan tidak pernah menyerah maka suatu saat mimpi ini akan menjadi kenyataan. Akhirnya aku memutuskan untuk terus berjuang meraih mimpiku ini.

Aku selalu rajin untuk mencari tahu maskapai penerbangan yang sedang membuka recruitment di Indonesia, entah itu dari koran atau internet.
Suatu hari aku baca di koran bahwa Cathay Pacific membuka recruitment di Jakarta. Aku langsung bersemangat untuk mengirimkan CV, secara CX merupakan salah satu maskapai bintang 5 dan jarang sekali membuka recruitment di Jakarta. Kembali harap-harap cemas menunggu balasan dari CX. Dan karena recruitment CX inilah aku menemukan blog FP! Dari sinilah aku kenal banyak sesama cabin crew wannabe. Dari FP juga aku banyak tau tips & trick mengikuti recruitment cabin crew. Makasi FP! Oke, lanjut ke topik awal, akhirnya aku dikirimin email dari CX untuk mengikuti open day nya. Aku datang dengan persiapan yang lebih matang dari sebelumnya. Tahap demi tahap aku lewati, tetapi nasib berkata lain, aku failed lagi!

It’s OK! And I still believe that I could be a cabin crew one day. Sampai akhirnya aku membaca lowongan recruitment Qatar Airways di koran bulan July 2011 lalu. Aku masih bersemangat untuk mengikuti open day QR. Hari pertama adalah CV submission. Aku menyerahkan CV-ku kepada salah satu recruiter QR dan berdoa semoga mereka memilih CV-ku.

Setelah menyerahkan CV aku pulang dan menunggu. Yang dipilih akan di telepon oleh recruiter dan diberitahu nomor urut kita dan jadwal keesokan harinya. Handphone tidak pernah lepas dari tanganku. Tuhan menjawab doaku, aku ditelepon oleh mereka dan dikabarkan bahwa keesokan harinya aku diharapkan hadir di tempat yang ditentukan jam 9 pagi.

Keesokan harinya aku datang tepat waktu, tidak boleh telat pastinya. Seperti biasa aku mengikuti tahapan demi tahapan. Sampai pada tahap group discussion, aku failed. Sighh!! Failed lagi? Saat itu aku benar-benar down. Sudah beberapa kali mengikuti recruitment tapi selalu failed. Aku sempat ingin menyerah, tetapi orang sekitarku tetap mendukung aku dan memberi semangat untuk tetap berjuang meraih mimpi.

Akhirnya Qatar Airways membuka recruitment lagi Oktober 2011 lalu. Sempat ragu untuk ikut lagi, tapi aku juga penasaran kenapa aku selalu failed. Akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti kembali open recruitmentnya QR. Tahapannya tidak berubah, aku mengikuti semuanya dengan sebaik-baiknya. Akhirnya aku bisa lolos sampai final interview, dan di final interview aku bisa lancar menjawab semua pertanyaan-pertanyaan recruiter.

Recruiter meminta kami untuk menunggu selama 3 minggu, jika tidak ada email dari mereka selama 3 minggu maka kami diminta untuk mengirim email kepada mereka untuk menanyakan kabar application kami. Yang bisa kulakukan adalah menunggu dan berdoa. Setelah hampir 2 minggu, aku mendapat email dari mereka bahwa aku dicalonkan sebagai kandidat cabin crew QR. Aku senang sekali saat itu, tetapi perjuangan belum berakhir, masih ada medical check up yang harus kujalani.

Aku menjalani medical di tempat yang sudah ditentukan oleh QR. Pada saat hasilnya keluar, ternyata Hb-ku agak rendah, dan aku dianjurkan untuk minum vitamin penambah darah dulu selama sebulan baru kemudian cek darah lagi. Saat itu aku down lagi, Tuhan, mengapa jalan untuk menjadi seorang cabin crew begitu rumit? Aku bisa melewati tahapan sampai akhir tetapi mengapa masih ada cobaan lainnya? Aku berusaha untuk kuat dan berusaha untuk menormalkan Hb dengan minum vitamin yang dianjurkan dokter. Medical-ku pending sekitar 1 bulan dan untungnya Qatar Airways berbaik hati mau menunggu. Setelah sebulan akhirnya Hb-ku normal. Dan akhirnya Qatar menyatakan aku diterima untuk menjadi cabin crew mereka.

Satu hal yang mau aku sampaikan kepada pembaca FP, jangan pernah menyerah untuk meraih mimpi-mu. Dream, believe, and make it happen! If you can dream it, you can do it.

Terima kasih FP untuk kesempatan yang diberikan untuk menulis di blog FP. Terima kasih juga buat dukungan, tips, & trick yang selalu diberikan FP!
Happy 1st birthday FP! Semoga makin sukses dan selalu menjadi inspirasi para cabin crew wannabe.

Cheers🙂

Tagged: , ,

29 thoughts on “Cabin Crew’s Story: Gemma from Qatar Airways

  1. popo March 12, 2012 at 8:02 AM Reply

    wah seru seru semangat gema akhirnya impian sudah di tangan hehehe tunggu aku dan doakan aku supa bisa seperti mu🙂
    sukses terus yah and di tungu crita2 nya

  2. greentea March 12, 2012 at 9:24 AM Reply

    Hi Gemma, thanks for sharing..Your story inspired me a lot!

    Aku juga salah satu peserta yang gagal di group discussion Qatar kemaren. Minta tips dong apa yang harus diperhatikan pada saat group discussion biar ga gagal lagi..hehehe, trus kalau boleh tau final interview itu lebih kepada interview mengenai apa yak?

    Thanks much Gemma..wish you all the best and God bless you

    PS: Dear wannabe yg punya pengalaman, please bantu jawab dong🙂

  3. viddy March 12, 2012 at 9:29 AM Reply

    wah kalo aku jadi sperti gema,entah apa yg lakukan mgkn q ga punya smgat setinggi gema, huah berat yah, byk hal yg q ga bs penuhin.. tp berharap byk dan brusaha bwt jd pramugari,,kata my grandpa doaku mnyertaimu untk bs sllu sukses mnjdi prmugari…aamiiinnnnn😀

  4. rian March 12, 2012 at 12:36 PM Reply

    keren, pokonya ian jg g akan nyerah…
    semangat…
    makasi inspirasinya…

  5. noviidamoranovii March 12, 2012 at 2:12 PM Reply

    klo daerah jakarta ke tmpt interview na psti dket. klo dari bdg?? nah lo.. hrus ngocek lebih dalam lagi buat ongkos😀

    • Ina August 4, 2012 at 8:29 AM Reply

      Yah… Klo niat sih pasti slalu ada jalan… Uang gak akan jd penghalang… Lagian bdg-jkt cm brp jam si? gak sejauh jogja kan yg hrs bolak balik kereta ato pswt? asal yakin,Tuhan psti ksh jalan… Hidup pesimis itu gak ada gunanya… Pasti failed sebanyak apa pun nyoba… Tp skali aja yakin,dan usaha keras utk dapetin yg kt mau ya psti dpt aja klo emang rezekinya… So,semangat lah… Jgn cari alasan utk pesimis… Smua org pesimis itu bullshit…

      • dearmarintan August 6, 2012 at 10:12 PM

        Dear Ina,

        there are reasons why people become bitter and down.. please put yourself on their shoes and pray for them so they can regain their strength to once again try… thank you..

  6. Adelaide Souhoka March 12, 2012 at 2:18 PM Reply

    Makasih atas ceritanya kak Gemma..🙂
    perjuangan yang sulit untuk mencapainya ya, tapi kakak udah melewati semuanya dan sudah dapat hasilnya… selamat ya kak ^^

  7. lusti hani March 12, 2012 at 2:43 PM Reply

    hebaat ya semangatnya kak gemma..
    saya harus punya semangat seperti itu..
    i can do it

  8. mutiara March 12, 2012 at 3:17 PM Reply

    kerenn bgtt..
    q pngen bgt jd cabin crew
    tp q msh minim bgt info@ nyaaa
    mohon bantuan nya yahhh
    smoga kta semua mdapatkan uang terbaik

    amiin

  9. teressaressa March 12, 2012 at 7:16 PM Reply

    merinding~

  10. kirra March 13, 2012 at 12:43 AM Reply

    Wah jd semangat nih setelah baca pengalamannya Gemma🙂 klo boleh tau,step2 recruitment di QR apa aja ya? Trus wkt final interview itu ditanya’in apa aja.. Mau coba apply QR juga soalnya🙂 keep on sharing your stories with us Gem🙂 Gbu

  11. Alexander March 13, 2012 at 8:58 AM Reply

    Wouww… Gak nyangka yah Gemma, I still remember that u was the girl who seated next to me at qatar airways english test ,july 2011 … Congratulation ,

    Poor me I was failed at that time, but ur story inspired me to keep spirit … Reach our dream be come cabin crew , and around the world !!!

    Thanks a lot , success for u Gemma …
    “Alexander

  12. luna March 13, 2012 at 12:18 PM Reply

    hiks terharu..aku makin semangat untuk meraih mimpiku..cita2 aku juga di qatar airways, semoga suatu hari nanti bisa ketemu gemma sebagai cabin crew ya..:D
    terimakasih gemma atas ceritanya..so inspiring..:)

  13. bawana March 13, 2012 at 1:50 PM Reply

    Gemma, yang lolos sampai tahap akhir bareng kamu ada berapa orang?
    Ada cowok gak?

  14. queenbee March 13, 2012 at 4:21 PM Reply

    Hi Gemma,looks like you have big will to reach your dream,right? and great fortune has came easily then🙂 I did fail on last october group discussion and I haven’t tried another open day after. But I have some new friends there and one of them got through as well as you do. Might be you guys have known each other now, she flown to doha last 18 feb, looks that you are in some batch with her🙂

    Hope you enjoy you dreams come true and wish I could join you and others one day😀

  15. sasya March 13, 2012 at 5:20 PM Reply

    Hi Gemma, im so glad to read u’r story🙂
    Klo boleh tau, background Gemma apa ya?

    Setelah failed di interview yg pertama, persiapan apa aja/hal apa aja yg perlu kamu lakukan untuk persiapan interview yg kedua kalinya.

    karena aku pingin banget jadi FA di salah satu maskapai timur tengah

  16. rizki nindya March 14, 2012 at 3:30 AM Reply

    Salam kenal gemma,aku rizki,AB Initio 701,😉

  17. fiska March 14, 2012 at 9:29 PM Reply

    Aku jg seprti itu,gagal di garuda,sq blm s1 tdk bs . Untuk qatar blm di panggil . Tp kmrn coba lion . Dan bersyukur dpet,antara snang dan tidak krn bukan airline yg diinginkan🙂 . Tp ttp brsyukur

    • melissa September 3, 2012 at 1:10 PM Reply

      kalau qtar tingginya minimal brpa ka ?

  18. felton March 17, 2012 at 6:28 PM Reply

    such a great story !!! aku lagi mau coba buat jd cabin crew qatar airways !! wish me luck !! and sory aku pengen tanya buat temen2x sesama Cabin crew wanna be !! kl ada info tolong email yah felten.lay@gmail.com thx alot all God bless !

  19. RICKY March 19, 2012 at 8:35 PM Reply

    hi everyone, perkenalkan saya ricky dan saya kelas SMA 3, april nnt akan lulus ! AMIN…
    Nah kira” airlines yang akan buka lowongan untuk FA alias pramugara (either domestic or international) pada bulan’ april itu apa aja yah? tolong share yah, soalnya dari SMA 1 saya uda kepengen banget jadi FA, sbenarnya saya uda daftar untuk kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta, but just this would be a great goal this year if I accepted in as FA,😀 Thanks.

  20. frissila March 28, 2012 at 8:22 PM Reply

    waaa aku ngiri, aku mau banget nih ka jadi flight attendant. Tapi aku gak tau nih musti siapin apa aja untuk bisa jadi pramugari, ada saran gak ka? Mohon dibantu ya😀

  21. ninies April 6, 2012 at 9:22 PM Reply

    apa saja persyaratan utk jd pramugari di qatar? aku pake softlens sama behel, is it possible?

  22. xiely April 27, 2012 at 11:01 AM Reply

    Gemma.is it scary for indonesian to stay there ?

  23. Alun May 2, 2012 at 9:57 PM Reply

    great story and efforts. Good luck to you🙂

  24. Septy Adjah May 4, 2012 at 10:49 AM Reply

    god luck to you.. and GBU…

  25. chipie May 26, 2013 at 4:49 PM Reply

    love love looooove it! wait for me in the middle east gemma! *cheers*

  26. nana_AKB48 June 30, 2013 at 5:31 PM Reply

    Usaha keras itu yang tidak akan menghianati | kalo masih menghianati berarti usahanya masih belum keras🙂

    semoga aku bisa segera menyusul, bismillah…

Leave a Reply

