DFP Selected Emails of the Week

From: Sri Asih Kumala Dewi

Dear FP,
Aku mau tanya nih gmn sih ketentuan di Garuda utk pramugari yg sdh pnya pengalaman terbang di maskapai lain? Brp usia maksimal utk experience?apakah sama prosesnya sprti yg initial? Terima kasih

Dear Sri Asih,

Untuk Garuda Indonesia, setahu saya mereka menerima pramugari initial (non experience) untuk penerbangan reguler. Tapi kamu bisa coba rekrutmen pramugari haji Garuda Indonesia yang tahun ini memang dikhususkan untuk recurrent atau yang sudah berpengalaman. Usia maksimal untuk yang sudah experienced adalah 49 tahun per Maret 2012 (bisa dilihat di link ini ) Mengenai proses, terus terang saya kurang tahu karena belum pernah mendengar info rekrutmen yang non initial. Semoga jawaban ini setidaknya bisa sedikit membantu. Terima kasih.

From: Rani Santosa

International airlines yg nyari pramugara apa aja?😀

Dear Rani,

Maskapai internasional yang mencari pramugara asal Indonesia adalah Emirates, Etihad, Qatar Airways, AirAsia, dan Cathay Pacific.

From: Stephanie Mutiara

Saya ingin mengikuti seleksi pramugari, tetapi saya memiliki bekas luka operasi 10 jahitan di kaki saya. Apa yang harus saya lakukan?
Mohon bimbingannya🙂

Dear Stephanie,

Bekas luka operasi 10 jahitan itu seperti apa rupanya? Apa terlihat jelas dan mencolok atau bagaimana? Di bagian kaki mana tepatnya? Bekas luka memang mengganggu karena beberapa maskapai cukup ketat menerapkan pemeriksaan kulit (skin check) seperti Korean Air, Singapore Airlines, dan Garuda Indonesia. Pada dasarnya bila bekas luka itu masih bisa ditutupi oleh seragam, tidak akan begitu mengganggu dan rekruter masih bisa mempertimbangkan kamu bila bekas lukamu bisa disamarkan. Namun, bila tidak, saya sarankan kamu untuk pergi ke dokter kulit dan menanyakan bagaimana cara terbaik untuk menyamarkannya. Semoga bekas lukamu bisa dihilangkan atau paling tidak disamarkan sehingga tidak terlalu jelas terlihat. Saya doakan yang terbaik untuk kamu🙂

Tagged:

9 thoughts on “DFP Selected Emails of the Week

  1. nanang March 18, 2012 at 12:53 PM Reply

    Dear admin,
    Aku mau apply jadi pramuagara tp aku punya spt bekas cacar yg susah hilang di tangan dan kaki, juga born mark yg menyerupai kiss mark- hell, damn that’s really look like somebody kiss me that serious😀 – di leher. Dan yg paling parah gigi aku tuh ga rapih, berjarak jarak, aku jadi ga pede apply. Tapi aku mati penasaran pengen nyoba, any idea? Should I shutting down my stupidity to apply at that job or is there any chance that my physically weakness will not really affecting the judgment?

  2. adps March 18, 2012 at 3:28 PM Reply

    Hi nanang

    Kalau menurut saya untuk menjadi pramugara maskapai asing tidak terlalu ketat seperti pramugari.
    Untuk menjadi pramugara Lebih dilihat kepada kemampuan personal kamu sendiri, bagaimana attitute dan keamampuan serta keberanian kamu dalam bersikap dan tentu bahasa ingris yg baik
    Itu kalau menurut saya, corect me if wrong
    Tapi tergantung dari maskapai penerbangan itu sendiri untuk merekrut.
    Kalau maskapai yg paling banyak rekrut pramugara adalah cx maskapai lain besar ke pramugari dan cx benar2 obyektif melihat dari kemampuan kamu
    Karena banyak juga saya lihat pramugari cx yg giginya berantakan bukan hanya ginsul satu loh tapi tidak terlihat seperti gigi pada pramugari umumnya. Tapi ketika dia senyum sangat menarik karena perbedaan itu unik bagaimana cara sikap kamu mengatasinya dan menagapinya. Apakah kamu latihan senyum yg menarik atau memutihkan gigi atau membersihkan gigi secara teratur ke dokter. Karena menurut saya gigi yg sehat sangat menarik dibanding dengan gigi yg tidak terawat meskipun susunan gigi tidak rapih

    • nanang March 18, 2012 at 11:41 PM Reply

      Thanks admin,

      Jadi sdkit lebih pede,😀 kalo gitu sambil tunggu vacancies dari Forum Pramugari better aku belajar senyum yg menarik dan check berkala ke dokter gigi.

      God bless you, FP

      Cheers

    • eko rauf August 4, 2012 at 3:46 AM Reply

      ohh gitu yah , wlaupun ada 2 gigi yang berantakan klo jadi pramugara masih bisa yah….

      trus k’ kan kk tau kan kulit orng indonesia kan sawo matan, gmna ka kulit aku coklat, tp ngak coklat” amat, apa boleh atau gmna…..

      ke sms aja ka 082346109422

  3. RICKY March 18, 2012 at 7:53 PM Reply

    hi everyone, perkenalkan saya ricky dan saya kelas SMA 3, april nnt akan lulus ! AMIN…
    Nah kira” airlines yang akan buka lowongan untuk FA alias pramugara (either domestic or international) pada bulan’ april itu apa aja yah? tolong share yah, soalnya dari SMA 1 saya uda kepengen banget jadi FA, sbenarnya saya uda daftar untuk kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta, but just this would be a great goal this year if I accepted in as FA,😀 Thanks.

  4. Rani Eva Dewi (@principessarani) March 23, 2012 at 11:12 PM Reply

    TERIMA KASIH BNYAK YA UDAH JAWAB PERTANYAAN RANI~😀

  5. ninies April 6, 2012 at 8:17 PM Reply

    aku mau nnya aku pakai softlens dan behel, maskapai penerbangan apa yg memperbolehkan aku utk menjadi pramugari?

  6. Marco May 6, 2012 at 10:45 AM Reply

    perekrutan tuk FA Air Asia or CX kpan ya?…
    thanks be4!

  7. Ais Cyntia February 4, 2013 at 3:01 PM Reply

    Dear FA ({})
    I really really serious want to be a flight attendant😀
    But, aku gak percaya diri karena gigi aku brjarak, bahasa inggris aku biasa aja, pengetahuan aku juga sedikit.. tapi aku kepengen banget ka admin buat jadi pramugari..
    oya, apakah harus bisa berbahasa mandarin juga yah??
    Mohon solusinya .. Terima kasih🙂

Leave a Reply

