Perjuangan Si Hitam Manis Jadi Pramugari

image

Menjadi pramugari tidak harus berkulit putih, yang penting berkulit sehat terawat dan berpenampilan menarik. Namun ternyata dulu warna kulit menjadi salah satu pertimbangan utama lho sebelum seseorang direkrut sebagai pramugari suatu maskapai. Hal ini terjadi di Amerika Serikat, tepatnya hingga tahun 1950-an ketika rasisme masih terjadi.

Adalah Ruth Carol Taylor, wanita berkulit hitam pertama yang menjadi pramugaridi Amerika Serikat. Ruth terlahir dari keluarga sederhana di Boston, Massachusetts pada 27 Desember 1931. Ayahnya hanya seorang tukang cukur rambut, sedangkan ibunya bekerja sebagai seorang perawat.

Ruth muda yang lulusan Bellevue Nursing School, New York menghabiskan beberapa tahun pertamanya setelah lulus untuk bekerja sebagai seorang perawat. Bosan menjadi perawat, dia pun mencoba melamar sebagai pramugari di Trans World Airlines (TWA). Sayang, lamaran Ruth ditolak karena warna kulitnya.

image

Tidak terima dengan diskriminasi tersebut, dia pun mengajukan tuntutan ke Komisi Masalah Diskriminasi New York. Di tahun yang sama dengan pengajuan tuntutan itu, Mohawk Airlines membuka lowongan bagi pramugari dari kalangan minoritas (non pirang dan warna kulit tidak putih). Ruth melamar dan berhasil mengalahkan 800 kandidat lainnya. Dia resmi diterima sebagai pramugari maskapai itu pada Desember 1957.

Setelah menjalani serangkaian training, Ruth menjalani penerbangan pertamannya dri Itacha ke New York pada 11 Februari 1958. Karir Ruth sebagai pramugari tidak bertahan lama, hanya 6 bulan, karena dia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria bernama Rex Legall. Meskipun begitu, Ruth tidak menyesal.

Dalam interview dengan sebuah media di tahun 1997, Ruth mengakui bahwa dia memang tidak berpikir untuk menjadikan profesi pramugari sebagai karir jangka panjang. Semua itu dijalaninya hanya untuk menghentikan diskriminasi bagi perempuan berkulit hitam yang bercita-cita menjadi pramugari, namun terhambat karena warna kulit mereka.

Berkat Ruth, menjadi pramugari sekarang tidak harus berkulit putih dan berambut pirang.

Source: thesavvysistah.com, blackpast.org, wikipedia

Posted from my Tabbie (ฅ’ω’ฅ)♪
“Every day is a new adventure” ~ 마린딴 입니다

 

 

 

Tagged: , , ,

4 thoughts on “Perjuangan Si Hitam Manis Jadi Pramugari

  1. viddy August 4, 2012 at 11:01 PM Reply

    pengeeenn😦 tapi wlopun g item q byk bkas lukanya😦

  2. anti_SARA August 17, 2012 at 4:45 PM Reply

    saya jadi teringat tentang kejadian beberapa bulan lau. seorang fa senior garuda indonesia kalau tidak salah namanya jaqueline, di groundeed gara-gara berambut keriting. jaqueline berasal dari indonesia bagian timur. saya sangat mengecam kejadian ini dan menurut saya ini termasuk diskriminasi…. semoga jaqueline diberi kekuatan…

  3. ryan April 5, 2013 at 9:11 PM Reply

    ,,susah-susah ka itu mnjdi pramugari/pramugara

  4. Susan D'pYnoth April 6, 2013 at 6:54 AM Reply

    hmm. , pgen ciiih, vhy pramugari kta.a mesti semok khh ?? Al.a ku kuluss hehehehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: