[Part 1] Cabin Crew’s Story: Keep on Believing!

Dear all,

Nama gue Indah. Sekarang kerja sebagai pramugari di Qatar Airways. Ini pertama kalinya gue masuk ke blog ini. Sebelumnya gue bener2 ga tau ada blog namanya Forum Pramugari. Justru gue baru tau setelah gue di QR, tinggal di Doha. Seorang temen yang juga dari Indonesia ngasih tau gue tentang blog ini. Namun sampe detik itu pun, gue masih belum pernah buka blog ini. Yaaah, harap maklum soalnya gue ga punya laptop ;)).

Gue berkenalan dengan dua orang temen baru melalui twitter. Namanya @virrasat dan @elmyrafawzia. Dua-duanya wannabes. Just like I was before.

Yes, gue juga pernah mengalami posisi sebagai seorang wannabe. Berapa lama? EMPAT tahun! Mereka berdua ini, entah bagaimana, somehow lalala yeyeye (eh,kenapa jd gini?), tiba-tiba nemuin akun twitter gue @indahbule dan langsung memberondong gue dengan pertanyaan seputar pramugari. Ebuseeeet,,,pikir gue awalnya. Ni orang-orang bisa tau-tau nemu gue gimana caranyaaa? Tapi gue seneng-seneng aja share apa yg gue bs share, toh gue juga pernah kepo kok. Dan sekarang, gue berteman baik dengan mereka berdua. Follow yah mereka berdua, twitnya suka absurd. Hahahahahah… (kenapa jd ngaco ke twitter siiih?)

Oke, back to the bussiness, jadi mereka berdua ini, dengan kekepoan tingkat dewa, selalu nanya tentang how to be a flight attendant. Mereka berdua sempat drop, hopeless, tp gue ngajak mereka bangkit. Karena, gue bukan orang yang baru sekali nyoba dan langsung lolos. Gue juga mengalami kegagalan dan penolakan berkali-kali. Gue meyakinkan mereka dan meyakinkan diri gue sendiri tentunya, bahwa tidak ada salahnya dalam meyakini mimpi. Dan @virrasat minta gue buat share pengalaman gue disini. Awalnya sempet ragu, apa gue udh pantes buat share pengalaman disini? Siapa sih gueee? Tapi, insomnia dan otak yang lagi disko malem ini (ngajak berantem gak tuh, malem2 disko, bukannya tidur) membuat gue semangat buat share apa yang gue punya. So, lets hit it!

Awalnya di tahun 2008, gue liat open recruitment Emirates. Udah gatel banget nih pengen nyoba, tapi waktu itu gue masih di Malang. Untuk dateng ikut tes ke Jakarta pasti bakalan keluarin banyak biaya. Apalagi gue ga tau jalan di Jakarta dan ga punya siapa-siapa. Di samping itu, nyokap agak kurang setuju. Menurut nyokap, dan bokap juga, gelar sarjana gue lbh baik digunain untuk kerjaan yang memang mensyaratkan pendidikan minimal sarjana. Sedangkan pramugari kan lulusan SMA juga bisa!

Okeee, karena waktu itu baru lulus kuliah dan masih seneng-senengnya main, gue juga ga terlalu mikirin. Gue punya temen yang udah duluan berkarir di Kuwait Airways. Duuuuh, pengen garuk-garuk aspal deh kalo liat foto-fotonya. Kece banget dah! Mana jalan-jalan keliling dunia mulu….. Bentar nge-mall di Jerman, bentar lagi ngopi di London, bentar lagi entah di mana-mana deh! Envy gak tuuuuuh!!!

Ternyata, keinginan ini terlalu kuat. Tahun 2009 gue mulai kerja kantoran di jakarta. Dengan tinggal di kota ini, peluang untuk ikut tes jadi lebih gede. Akhirnya gue mulai ikut tes sana sini. Yang pertama gue coba adalah AirAsia. Gagal. Garuda. Gagal. Gue sempet berpikir, kekurangan gue di mana? Bahasa Inggris gue oke kok (nyombong dikiiiiit,hahahaha), tampang juga kece laaah (kalo yg ini fitnah yaaa). Curcol laaah gue sama temen gue yang kerja di Kuwait ini. Menurut dia, airline Indonesia itu ribet dan maunya apa gak jelas. Airlines luar lebih fleksibel.

Sejak itu semangat dong gue nguber airlines luar. Tapi perkaranya, airlines luar lebaran monyet baru buka open recruitment di Indonesia….!! Lama banget! Kadang setahun sekali, kadang dua tahun sekali. Itu tahun 2009 lho yaa, jauh sebelum Qatar Airways seperti sekarang yang selalu buka tiap 3 bulan sekali. Gue selalu nyoba tiap airlines yang buka recruitment. You name it guys!

AirAsia, Garuda, Batavia, Sriwijaya, Mandala, Lion, Qatar, Royal Brunei, dan semuanya GAGAL! Ada kali 14 kali percobaan? Semua org udah nyuruh gue nyerah, termasuk pacar gue saat itu. Semua orang menjatuhkan semangat gue. Menurut mereka, sudah cukup gue mencoba dan selalu gagal. Even orang tua gue sendiri. Tapi ada satu orang yang gak pernah pupus ngedukung gue. Dialah @sukmasp.

Sekarang dia tinggal di Frankfurt. Sedikit pun dia ga pernah absen ngedukung gue. I keep on trying. Gue selalu ingat perkataan orang-orang sukses. Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Agnes Monica selalu bilang, Dream, Believe, Make it happen! And look at her now! That’s because she never stops believing on her dream!

Andrea Hirata, kalau bukan karena bermimpi, ga mungkin dia bisa ke Sorbonne University di Paris. Intinya… bermimpilah! Bukan untuk terlelap dalam tidur, tapi untuk bangun dan bangkit meraihnya!

~ to be continued ~

FP’s Note: Are you a flight attendant? Have so many inspiring stories? Why don’t you share them with the wannabes here? Send your story and photos to forumpramugari@gmail.com with subject: Cabin Crew’s Story. Thank you for sharing.

Tagged: , , ,

31 thoughts on “[Part 1] Cabin Crew’s Story: Keep on Believing!

  1. Irfan Arifko August 14, 2012 at 11:11 AM Reply

    Inspiring experience.. Great personality.. It proved.. (Y)

  2. arifko August 14, 2012 at 11:14 AM Reply

    Inspiring experience.. Great personality.. It proved.. (Y)

  3. lazuardi August 14, 2012 at 11:34 AM Reply

    hahahah….. gw abis liat Timeline nya mba Indah di twitter,kynya orng nya asikkk…. hahahaha cant wait to next story !!!! yihhhha….

  4. angelajesh August 14, 2012 at 12:24 PM Reply

    wuuiiih mantap QR boo… last week me and my sista went to QR and SIA recruitment.. but no phone call from QR and also my sista went to ROUND 2 day 2 in SIA but not passed round 2 which is second Interview
    Round one is Weigh and heigh, interview personality, English test.
    round two day two is interview more deeper about the airlines
    unfortunately she wasnt pass the test.

  5. rian August 14, 2012 at 12:26 PM Reply

    hebring banget ni cerita, aku suka kk bikin semangat aku naek lagi, dan yang pasti ceritanya bikin merinding..

  6. aviosy August 14, 2012 at 6:02 PM Reply

    gag patah semangat yaa … gw yg dicuekin Qatar aja sekarang udah hopeless setengah bediri!! “ur current status is on hold” jeeehhh .. sampe kapaaann ? :'((

  7. @syasyisyu August 14, 2012 at 6:34 PM Reply

    KERENNNNNNNNNNNNN!!!!!!!

  8. arrum August 14, 2012 at 6:53 PM Reply

    Ini ceritanya bikin semangat untuk mencoba bertambah sekaliihh
    Jadi, don’t stop believing in your dreams harus terus diingat..🙂

  9. indri August 14, 2012 at 7:05 PM Reply

    makasih ya ceritanya…bener2 bikin semangat. udah 2thn ini aku nyoba dan blm dapet jg. kalo baca cerita2 gini buat penyemangat diri sendiri untuk ga nyerah sebelum dapet. sukses buat semua wannabe

  10. rose August 14, 2012 at 10:43 PM Reply

    that’s very inspiring… if i were you that time, maybe i would give up at the very first time.. but after read your story, i really want to try and never give up. just as you did..

  11. Indahbule August 15, 2012 at 3:31 AM Reply

    Iyah, ceritanya hebring orangnya lbh hebring lg. buakakakakakak!!!!! * toyor indah*

    • Blended INa September 17, 2012 at 9:59 PM Reply

      100% hebring nya…. hahahahahaha,,, i proved it,,, pizzz bebeb…

  12. sumogirl August 15, 2012 at 1:05 PM Reply

    Kapan part 2 nya ?? ga sabar

  13. sweetstones August 16, 2012 at 7:32 AM Reply

    Hi all, salam kenal..
    Over all manusia tidak luput dari yang namanya ketidak berhasilan, dalam hal ini, saya pun jg pernah punya passion, dan gimana kita untuk pintar berusaha mewujudkannya…

    “Manusia selalu diminta untuk berusaha, benahi diri dari hari ke hari, mewujudkan pribadi yang lebih baik, being flight attendant is not simple, so does for being air crew family, pasti dukungan adl satu2nya yang dibutuhkan sebagai penyemangat, karena melihat dari sisi pekerjaan yang high risk, banyak orang tua yang tidak mengijinkan anaknya untuk terbang” -quotes by mamah saya-

    Guy’s! Gagal dalam berbagai macam interview bukan akhir dari segalanya, keep fight..!! Mba indah sudah kenyang makan yang namanya tangisan misek2 ampe gulung2 di pasir, saat ini dia berhasil karena jerih payah bertahun2, akhirnya Allah menjabah tangan dia bisa menggapai cita2..

    Wujudkan cita2 kalian..
    Semoga ini bisa jadi penyemangat..

    Keep fight for you all, we wait and welcoming you all as an airlines crew family, and keep on trying!

    Regards,

    Xoxoxo

    • Indahbule August 27, 2012 at 1:23 AM Reply

      Wakakakak,,,ga sampe gulung2 di pasir juga sih…..cuma garuk aspal kok. Hehehehe

  14. alex August 18, 2012 at 3:30 PM Reply

    Nice story Indah..I’ve lived in Qatar for almost 1 year. Doha was a boring City..Went to Villagio once a month and had Indomie for breakfast🙂 But, I never forgot how hard to stay there on my own, and work under bad management. I wish you all the best, and I hope we’ll meet someday in Doha. Cheers, regards “Alex Lolong”.

    • Indahbule August 27, 2012 at 1:22 AM Reply

      Masih di qatar ga skr lex?

  15. kiky August 18, 2012 at 7:17 PM Reply

    widiiiiiihhh indaaaahhh, lagi iseng tingkat tinggi ini pasti..lalala,yeyeye! cheers zezenya1,hey ho!

    • Indahbule August 27, 2012 at 1:22 AM Reply

      Ki, masakin ayam lagi ki….

  16. elia August 26, 2012 at 11:28 AM Reply

    thxx buat cerita nya indah .. btw pas msk qatar kamu barengan sama gemma bukan yah???? hehhehehehe kaya nya muka kamu gk asing…hihihihi

  17. Indahbule August 27, 2012 at 1:21 AM Reply

    Woyoooo perkenalkan yg diatas itu yg namanya kiki, itu jg makhluk qatar tuh! Mak nya kita2 yg rajin dan jago masak! Mak kikiiiii!!!

    Oia buat alex, masih di qatar ga? Yuk ngumpul bareng indo mafia yg laen!

    Buat elia, iyah…..barengan gemma. Final intv bareng, medical tes bareng, galau bareng, smp akhirnya berangkat bareng dan tinggal depan2an.. Hehehehehe

  18. melissa September 3, 2012 at 12:54 PM Reply

    mau nanya tinggi minimal di qatar brp ya?
    dan pendidikan minimal SMU apa S1??
    tlg di baleees🙂

    • angelajesh September 6, 2012 at 1:59 PM Reply

      qatar tinngi minimal 160cm
      minimum SMU

    • arrum September 6, 2012 at 11:41 PM Reply

      qatar bukannya arm reach 212 cm ya?🙂

  19. vee September 10, 2012 at 12:40 PM Reply

    i’m wannabes too!! tapi tinggi gue gak masuk nominasi bgt yaaa.. hahahaha
    knp fa gak ada yg 158 yah lol..
    sangat miris sama tinggi badan gue sendiri .. hiksssss

    • arrum September 11, 2012 at 6:00 PM Reply

      Singapore Airlines 158cm koo… udah coba apply?

  20. […] sudah sejauh apa usaha yang dilakukan untuk menjadi seorang flight attendant? Apakah sudah sebanyak Indah si pramugari Qatar Airways yang gagal 14 kali dan baru mendapatkan impiannya setelah 4 tahun? Apa penolakan-penolakan selama […]

  21. Zulkifli Rangkuti (@captainzulkifli) October 31, 2012 at 10:37 PM Reply

    Terima kasih banyak deh buat FP, sekarang gw di twitter udah nemu nih sama mbak Indah dan baik bgt orangnya mau share tentang recruitment QR🙂

  22. Silva November 5, 2012 at 6:35 PM Reply

    keep writing Indah!! btw mau nanya jg nih, kalo berjilbab bisa ga yaa?

  23. Haris Al-Qatari November 23, 2012 at 9:37 PM Reply

    Mbak Indah kok ga pernah ketemu di warung rumahnya Nurul? ayo kapan libur sundunne di desert Ummsaid

  24. Rara December 12, 2012 at 3:42 PM Reply

    Artikelnya mantabb….. sukaaa bangettt….. bikin semangat nihhh.
    thx

Leave a Reply

