Catatan Penting untuk Rekrutmen Hajj FA Orient Thai

OX

Hello, dears! Semalam saya mendapat email berisi informasi bahwa jadwal rekrutmen untuk flight attendant penerbangan haji maskapai Orient Thai (OX) ditambah menjadi tanggal 6, 7, 8, dan 9 April 2013. So you’ve got four days in a row to pursue your dream of becoming a flight attendant!

Tingginya minat pembaca FP untuk mengikuti rekrutmen OX dan banyaknya pertanyaan yang diajukan membuat saya merangkum beberapa catatan penting yang berguna bagi siapapun yang tertarik dan ingin mengikuti rekrutmen ini. Catatan ini dibagi dalam dua kategori, pertama soal berkas persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti rekrutmen. Berikutnya, jawaban dari beberapa pertanyaan yang diajukan lewat Facebook dan Twitter. Silakan menyimak infonya berikut ini dengan sebaik-baiknya dan semoga menjawab pertanyaan kalian ya🙂

A. Berkas Persyaratan

– TOEIC adalah salah satu syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi FA Orient Thai ini. Bila kalian belum sempat mengambil tes TOEIC, direkomendasikan untuk mengambil tes di ILP Center di Pancoran, Pasar Minggu. Tes diadakan dalam dua waktu yaitu jam 10.00 dan 14.00 WIB. Silakan memilih salah satu waktu yang memungkinkan untuk kalian ikuti. Bila kalian ingin mengikuti rekrutmen OX besok atau hari minggu, silakan mengambil tes TOEIC pada hari ini. Bila ingin mengikuti rekrutmen pada hari Senin atau Selasa, silakan mengambil tes TOEIC pada hari Senin pagi.

– Tes TOEIC di ILP Pancoran, Pasar Minggu diadakan Senin – Jumat jam 10.00 dan 14.00 WIB. Hasil tes dan sertifikat skor TOEIC bisa diperoleh dua jam setelah selesai tes di hari yang sama.

– Info lebih lanjut silakan hubungi staf ILP di sini:
ILP Pancoran
Jl. Raya Pasar Minggu 39A
Jakarta Selatan 12780 – Jakarta
Tel. : (+62 21) 798 5210-794 0860
Fax. : (+62 21) 798 5212
Email : cs.ilppancoran@gmail.com

– Masa berlaku SKCK hanya tiga bulan sejak tanggal pembuatan. Setelah itu berlaku masa tenggang selama enam bulan setelah tanggal pembuatan. SKCK dengan masa tenggang masih berlaku di database kepolisian, sehingga bisa digunakan untuk proses rekrutmen OX ini. Namun bagi yang SKCKnya sudah melewati masa tenggang, silakan memperpanjangnya di kantor kepolisian (Polsek atau Polres, tergantung di mana terakhir kali membuat SKCK). Pembuatan atau perpanjangan SKCK biasanya memakan waktu kurang dari satu jam bila semua berkas sudah siap. Sediakan waktu minimal setengah hari untuk mengurus semua berkas bila sama sekali belum dipersiapkan.

– Bagi yang belum pernah membuat SKCK, silakan persiapkan berkas berikut ini untuk mengurusnya:

a. Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
b. Fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
c. Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
d. Mengisi formulir daftar riwayat hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
e. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.

– Bagi yang akan memperpanjang SKCK, silakan persiapkan berkas berikut ini untuk mengurusnya:

a. Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah habis masanya selama 1 Th)
b. Fotocopy KTP/SIM.
c. Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
d. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.

B. FAQ REKRUTMEN ORIENT THAI

1. Mengapa jadwal rekrutmen yang semula dua hari ditambah jadi empat hari? Mengapa syarat minimum pendidikannya yang semula lulusan S1 juga diturunkan jadi minimal lulusan SMA?

– Di Thailand, syarat menjadi flight attendant Orient Thai maupun maskapai lainnya adalah pendidikan minimal lulusan S1. Namun khusus rekrutmen FA haji di Indonesia ini diadakan penurunan syarat menjadi minimal lulusan SMA  dikarenakan Orient Thai membutuhkan banyak flight attendant untuk penerbangan haji. Target rekrutmen adalah 200 orang flight attendant, makanya jadwal rekrutmen yang semula dua hari ditambah menjadi empat hari dan juga penurunan syarat minimal lulusan S1 menjadi lulusan SMA supaya bisa menyaring lebih banyak lagi kandidat yang potensial. So, it’s a good news for you🙂

2. Lowongan ini terbuka untuk pramugara juga nggak ya? Kalau belum pernah jadi flight attendant bisa diterima nggak?

– Ya, pramugara sangat dibutuhkan karena untuk melayani penumpang haji butuh tenaga ekstra sehingga peran para pria sangat signifikan. Lowongan flight attendant Orient Thai ini terbuka untuk pria dan wanita juga tidak memandang apakah sebelumnya sudah memiliki pengalaman terbang sebagai flight attendant atau tidak. Nantinya para kandidat FA yang belum berpengalaman sama sekali (zero hour) pun akan menjalani training sehingga mengerti job description untuk profesi ini.

3. Bagaimana dengan eks-pri? Apakah ada perbedaan?

– Tidak ada perbedaan untuk eks-pri, syarat pendaftaran yang ditetapkan sama saja dengan yang zero hour. Meskipun begitu pengalaman selalu menjadi nilai plus di mata tim rekrutmen.

4. Bahasa Inggrisku nggak bagus-bagus amat, tapi aku bisa mengerti apa yang orang lain bilang. Bisa nggak ya jadi flight attendant?

– Silakan mengetes kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti tes TOEIC. Orient Thai menetapkan skor minimum 600, lebih tinggi dari standar tersebut lebih baik lagi. Sebagai gambaran tes TOEIC sedikit lebih mudah daripada tes TOEFL. Agar lebih maksimal dalam tes TOEIC, berlatihlah mendengar dan membaca kalimat dan percakapan dalam Bahasa Inggris sebab ada dua section dalam tes ini yang harus dikerjakan yaitu Listening dan Reading. Buku kumpulan soal tes TOEFL juga bisa dijadikan panduan untuk berlatih, atau silakan mencari tahu tipe soal-soal TOEIC di internet untuk mendapat gambaran lebih jelas.

5. Aku berkerudung, kira-kira keterima nggak ya?

– Seragam maskapai Orient Thai bisa kamu lihat seperti berikut ini. Tentu saja ini tidak akan menjadi masalah buat yang sudah terbiasa menggunakan kerudung atau jilbab.

Nuuril Fahmia

6. Saya non-Muslim, kalau melamar ini bisa diterima nggak ya?

– Orient Thai tidak membatasi profesi ini semata untuk mereka yang Muslim. Banyak kru asal Indonesia dan bahkan kru asal Thailand banyak yang beragama Buddha atau non-Muslim namun bekerja dengan baik di maskapai ini. Bagi wanita non-Muslim harap diketahui bahwa pekerjaan ini mengharuskan semua kru wanitanya untuk berseragam sesuai foto di atas.

7. Berapa lama masa training di Orient Thai? Kira-kira kapan mulai terbangnya?

– Dari informasi yang FP dapatkan, masa training berjalan selama sebulan. Untuk rekrutmen April ini, masa terbangnya mulai bulan Juli hingga November. Bila dianggap bagus sebagai flight attendant maka akan diperpanjang masa kontraknya selama tiga tahun.

8. Ke mana saja destinasi penerbangannya?

– Ada beragam destinasi yang dituju, di antaranya adalah Turki, India, negara-negara Timur Tengah dan beragam kota di Indonesia.

9. Aku udah lulus SMA, tapi umurku masih 18 tahun. Bisa ikutan nggak ya?

– Usia minimal untuk rekrutmen ini adalah 20 tahun dan maksimal 35 tahun.

10. Maaf saya baru tahu infonya sekarang, jadi belum sempat tes TOEIC. Apakah yang belum ikutan tes TOEIC nggak bisa ikutan rekrutmen ini?

– Tenang saja🙂 Tes TOEIC boleh menyusul, yang penting kamu ikuti dulu proses walk in interviewnya pada tanggal 6, 7, 8, atau 9 April ini. Semua berkas persyaratan wajib sudah dilengkapi selama masa training. Meski begitu nilai min skor TOEIC wajib 600, bila di bawah itu maka akan dinyatakan gugur meskipun sudah masuk dalam tahapan training. Jadi kamu masih punya waktu untuk belajar menghadapi tes TOEIC. Tapi kalau mau tes lebih cepat juga bisa. Silakan lihat panduan tes TOEIC yang sudah disebutkan di atas.

11. Ehem, boleh tahu nggak berapa salarynya?

– Ehem juga!😀 Dari info yang FP dapatkan salary sebagai flight attendant Orient Thai adalah USD 50 per day dan terbang maupun tidak, flight attendant tetap mendapat salary😀

Demikian beberapa informasi yang berhasil FP rangkum menjadi catatan untuk menghadapi rekrutmen Orient Thai. Semoga berguna bagi kalian🙂

Selamat melengkapi berkas dan semoga sukses dalam mengikuti rekrutmen. Persyaratan lengkap tentang berkas lamaran yang dibutuhkan dan kriteria yang dicari, bisa dicek di link ini. Semoga banyak wannabes pembaca blog FP yang diterima ya🙂

Tagged: , ,

48 thoughts on “Catatan Penting untuk Rekrutmen Hajj FA Orient Thai

  1. Metta April 5, 2013 at 2:59 PM Reply

    tertarik bgt nihh.. tapi di kaki bawah lutut msh ada bekas luka, masalah ga ya? udah ke dokter tp blm ilang.. kan seragamnya ketutup smua, boleh ga ya..? pls infonya.. thk u..

  2. mustikasari April 5, 2013 at 3:30 PM Reply

    syarat untuk tinggi badan perempuan minimal berapa cm??

  3. Rifki Aris Sandi Supa'at April 5, 2013 at 3:31 PM Reply

    eh aku pengen ikut.. tapi di jakarta yah.. toicnya gak ada.. ada tofel.. how? :p tapi aku kurus banget,,,😛

  4. rrbibriy April 5, 2013 at 3:45 PM Reply

    @Metta: selama masih bisa ditutupi dengan foundation gpp, pas walkin bisa pakai stocking tipis warna kulit (warna stocking jgn terlalu putih/terlalu gelap)

    @Mustikasari: syarat tinggi memang tidak disebutkan karena thai crew nya juga tidak terlalu tinggi. langsung datang aja dan coba!

    @Rifki ya untuk cabin crew memang yg dibutuhkan toeic bukan toefl, lengkapnya coba baca catatan penting tentang toeic di atas. kalau masalah bentuk tubuh menurut pengalaman aku sih gak masalah selama nanti kamu bisa bekerja dgn baik.

    • Ina April 7, 2013 at 12:26 PM Reply

      Hai rrbibriy, makasih ya udah ngasih banyak info. Btw, Orient Thai skin checknya ketat banget ga sih? Pas walk in intervienya sendiri, apakah akan ada pemeriksaan kulitnya? Makasih ya udah mau jawab🙂

  5. youra April 5, 2013 at 3:45 PM Reply

    dear admin, mau tanya klo keterima, trainingnya itu di thailand atau di indonesia ? karena saya lagi semester akhir dan di bulan juni baru sidang akhir. Takutnya klo di Thailand pasti saya ga bisa ikut. thanks

  6. yunda April 5, 2013 at 4:10 PM Reply

    admin, sallary nya 50USD / hari bukan per hour… hihi.. pengalaman aku terbang sama ox seru banget.. sayang ga bisa ikut lagi aku lagi hamil huhu. goodluck yg mau mencoba!! xxoo

    • dearmarintan April 5, 2013 at 4:16 PM Reply

      Yup, sudah diperbaiki, terima kasih untuk koreksinya ya🙂

    • Buyung April 9, 2013 at 9:39 AM Reply

      Mba Yunda mau tanya? Selama training dlm sbulan itu ad tes lg gak yaa? Coz takut sdh terlanjur resign tp ntar ms ad test lg

  7. youra April 5, 2013 at 4:29 PM Reply

    halo kakak Yunda, mau tanya waktu kamu terbang, trainingnya dimana ?🙂

    • audra April 5, 2013 at 6:36 PM Reply

      Di mth tower.. Akan ke thailand buat ikutin drill, tp itu jg bln juni atau july..

      • Anto April 7, 2013 at 7:29 AM

        mbak audra,, kmrn sya uh ikut walk interviewnya OT.. pas selesai interview disuruh masuk lagi ruangan, katanya lolos. trs malemnya disuruh nungguin email buat detail sama alamat buat medex.
        tpi smp skrng blm dapet emailny😦
        klo misal mau hubungin panitianya buat tanyain ini kmna ya😦

    • nda April 8, 2013 at 10:46 PM Reply

      waktu itu aku training di jakarta 1 bulan, terus berangkat ke jeddah.
      tapi aku ikut tahun2011. tahun 2012 teman-teman aku banyak yg cerita mereka training jakarta + thailand.

  8. afnuna April 5, 2013 at 4:39 PM Reply

    Krn ada miss info, td ke avissa suite dan kosong, padahal sebelumnya tlp ksana tanya apakah ada booking schedule dr OT pihak sana bilang ga ada. Tapi kekeh kesana, ternyata ga ada🙂. Setelah di liat di jadwal liat mereka. Adanya tgl 6 dan 7. Pulang deh.
    Td pagi sebelum jalan pun buka blog ini, blm ada info tgl 6 dan persyaratan lalu jadwal tes TOEIC, jd telat juga bacanya. Smoga besok lancar jaya dikarenakan gak ada TOEIC dan SKCK.

    See u tomorrow girls.

    Bismillah.

    Thx to silvya for ur information. Love u.

  9. youra April 5, 2013 at 6:43 PM Reply

    oww gitu, oke makasi ya Audra🙂

  10. ira April 5, 2013 at 6:54 PM Reply

    admin, saat ini umur saya baru 19 lewat 2 bln. sudah boleh ikutan ?

  11. citra April 5, 2013 at 7:46 PM Reply

    Pengen banged ikutan, tapi gak bisa ke Jakarta tanggal itu,,
    wawancara ato daftarnya gak ada yang online yah???😦

  12. Ry April 5, 2013 at 9:45 PM Reply

    Thanks buat infonya mbak admin yg baik hati. Doakan kami semua yg bsk ikut tes ya. Teman2, semangat & do ur best!🙂

  13. rosdiana desiyanti April 6, 2013 at 12:17 AM Reply

    Klo BB nyah kurang gimana? Trs mukaku juga lg ada bekas jerawat gimana min?

  14. tubagus April 6, 2013 at 5:27 AM Reply

    Well, thanks untuk infonya ya. Aku rasa semua sudah jelas dan terjawablah sudah semua pertanyaanku. Aku hari ini mau coba utk ikt walk intrviewnya dlu n utk tes TOEIC, aku cba senin pagi. Mudah2an hari senin nanti waktunya gak mepet. Bismillah..🙂

  15. Rizka Marhasni April 7, 2013 at 9:25 AM Reply

    Apa aja sih pertanyaan pas interview, trus hal2 apa aja yang harus dprhatikan dalam tes nya supaya lulus? Soalnya aku suka nervous dlm interview.. thank you

  16. fiana April 7, 2013 at 10:51 AM Reply

    dear admin.. mau tanya donk, misalkan udah di terima.. mulai training nya kapan ya? mulai trb nya kpn? trus kita base nya di mana? jed, cgk, or di thailand?? mohon infonya donk.. thank u

  17. ren stewart April 7, 2013 at 10:57 AM Reply

    Just for share. Saya dr Solo, tgl 6 sudah ikutan. Awalnya pesimis tp alhamdulilah, lolos. Rabu mulai training. Bagi yg belum, dicoba aja. If u never try, u’ll never know.😉

    • Anto April 8, 2013 at 8:31 PM Reply

      Mbak, inget aku gak.. Aku pas sabtu dapet no urut 1. Mbak, udh di info belm buat medex ama tempat training? Koq, aku smpe sekarang blm dapat kabar lagi dari mereka. Padahal pas sabtu, di infonya aku lulus, tinggal medex sama trainin aja hari rabu. Tapi smpe sekarang blm ada kabar?
      Ada fb ato twiter gak mbak? Biar bisa kontak2kan?

    • putri bunga April 14, 2013 at 3:23 PM Reply

      Mohon info k’ren stewart walk in interviewnya akan ada tes apa saja yh? Agar bisa mempersiapkan lebih baik lg. Makasiih😉

  18. ADDIENA SYAMILA April 7, 2013 at 5:53 PM Reply

    @nasty: apakah anda admin?

  19. nufsan April 8, 2013 at 1:15 PM Reply

    apa aja ya persyaratannya??
    cv, riwayat hidup, skck, toeic saya belom ada.
    apalagi ya persyaratannya. mohong infokan ke saya
    089638026XXXX saya mau ikut yang besok 9 april

  20. aji April 8, 2013 at 5:15 PM Reply

    klo pake kacamata boleh ga ya?

  21. rizal.s April 8, 2013 at 8:55 PM Reply

    Alhmdulillah saya lulus, hri rabu sudah mulai training., Ada yg tau rumah sakit yg murah untk medex gak.?? please info,thanks before

  22. rizal.s April 8, 2013 at 8:57 PM Reply

    buat teman2 yg lulus salam kenal., see you… rabu…
    cuman gw blum medex..,

  23. novianawahyuning89 April 9, 2013 at 12:26 AM Reply

    Training nya yg di Jakarta berapa lama ya? Trus kalo hrs ke Bangkok, di sana nya berapa lama? Pengen coba deh

  24. Reno April 9, 2013 at 8:04 AM Reply

    Dear admin,
    Kemarin Senin, 8 April saya ikut recruitment OX hajj di Menara MTH, alhamdulillah saya lolos. Kemudian pihak user meminta saya datang kembali Rabu, 10 April untuk training hari pertama pukul 9 pagi dengan membawa hasil medical check. Pertanyaan saya di mana lab atau RS yang hasil medical check sebanyak itu bisa jadi dalam hari itu juga?
    Mohon bantuannya. Ini saya sudah puasa dari tadi malam. Tapi masih belum tau mau medical check dimana. Terima kasih.

  25. Buyung April 9, 2013 at 9:34 AM Reply

    Mau tanya, selama training .sd test lg gak yaa?

  26. faninda April 9, 2013 at 11:42 AM Reply

    dear, admin.
    waktu hari Sabtu aku udah dibilang diterima. cuma disuruh kirim hasil toeic secepatnya. kira2 dikabarin untuk kelanjutannya gimana ya? ada no yang bs dihubungin gak?

    thanks🙂

    • dea April 9, 2013 at 9:13 PM Reply

      emang anehhhh °º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º. pada percaya seh sm ILP Pancoran yang promosi tes TOEIC di FP dengan biaya 160 rb tapi rata rata Overall Score 300 dan yang lebih kacau lagi ada yg ngulang lagi eeehhh jadi berkurang hasil Overall Score nya °º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º kannn gileeee ajeee. banyakk dunk ILP Centre Pancoran uang masuknya °º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º. itu sie nama nya Pembodohan terselubung. informasi ini aq dapat dari calon pramugari OX thk u

      • adps April 10, 2013 at 4:28 PM

        @dea boleh tahu nama pramugari OX yang memberi tahu kamu hal itu?
        Perlu kamu ketahui test di ILP adalah prediction TOEIC. kalau bagi yang test prediction belum bisa mencapai nilai bagaimana untuk hasil TOEIC?

  27. @dhirgodir_igo April 9, 2013 at 4:25 PM Reply

    Waiting list..😦 moga aja ada email msk dri OT

  28. Yura April 9, 2013 at 4:34 PM Reply

    prosesnya agak nggak jelas ya. aku juga lulus. tapi bingung sih, soalnya karna aku kerja dan harus resign dengan 2 weeks notice before saya jadi ga bisa ikut training yg hari rabunya dan kemudian ditawarkan oleh pihak OX nya untuk ikut training di batch yang bulan may nanti. aku disuru foto apa aja yg mesti di medcheck dan dikasih alamat email dikertas kecil gitu untuk mengkonfirmasi bahwa aku agree or no dan akhirnya kemarin aku email aja confirm agree. tapi sampai saat ini belum ada reply apa2 deh.

    aku jadi ragu deh mo ajuin resign buru2, antisipasi paling buruk aja kalo ternyata malah namaku ga dimasukin di quota yg may -______- dear admin and all, gimana yaaah enaknya???

  29. galuh April 9, 2013 at 8:09 PM Reply

    saya bingung ini dgn hasil result nya interview ini,, ad yg di suruh test toeic trus kirim ke email,, ad yg di suruh medical check up tp kok gak pihak perusahaan yg ngadain medical check up nya,, trus datang tanggal 10 besok dimana? di avissa atau di MH? sy test hari pertama tanggal 6 di avissa,, klo sy di suruh valid dulu pasport nya,, soalnya udah exp date,, bingung hehehe…

  30. windy April 9, 2013 at 8:27 PM Reply

    dear admin…waktu interview day kata interviewernya mreka tertarik untuk mengajak sya gabung tapi harus masukin persyaratan yg belom segera..syarat2nya sdh sya kirim via email yg mreka kasih..naah info slanjutnya gmna?trims

    • @dhirgodir_igo April 10, 2013 at 6:35 PM Reply

      Lunya.. Yg interview blm ada toiecnya dinyatakan lolos kemudian test toiec. Nah test toiec nya ga smpe 600 nilainya, ehh kok malah d ksi smgu..ntuk test lg.
      Itu nmnya ga adil.
      Jd gmn kami, yg katanya waiting list.
      Msak ga diperlakukan sprti itu jg. Yah mana tau toiec kami lebih tgi.
      Jd kesannya agak abal abal jg si…
      Padahal ni maskapai international kan, trus .. Mslah tinggi badan,
      Bnyak kok yg pndek.
      Tp msk.
      Agak lucu yahh…!!!

  31. putra April 10, 2013 at 10:01 AM Reply

    Awal na tertarik bget,apalagi stelah dengar lulusan na d trunkan jd SLTA makin tertarik..tapi saya jauh dr cgk.
    Syarat atau semua doct ada. Kecuali toeic yg blom ada..mungkin blom jdoh iia..

  32. rini nuraeni April 11, 2013 at 4:23 AM Reply

    Yah baru bacaaaa.. Kira” bakalan ada lagi G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  yahhh?! Maksihh

  33. ella April 13, 2013 at 12:34 AM Reply

    Mau tanya dong jadwal open interviewnya ( rekrutmen) nya kapan lagi ya? Soalnya aku telat,terimakasih

  34. putri bunga April 14, 2013 at 3:17 PM Reply

    Mau tanya mesti yg sudah mempunyai passpor yah, kalau belum memiliki passpor apa bisa mengikuti rekrutmen ini? Thx

  35. ADRIANI JUNAID April 28, 2013 at 10:52 PM Reply

    Maaf aku tau Infonya aku masih bisa ikut Ϟƍαќ γάª ? Trimakasih

  36. dewan sukmana September 16, 2013 at 8:29 AM Reply

    KAPAN DIADAKAN LAGI UNTUK RECRUTMENT ORIENT THAI AIRLINE SETELAH DI BULAN APRIL LALU

  37. restu amelia lolong January 17, 2014 at 7:57 PM Reply

    Aku bingung nih model rambutnya giamana besok aku mau ikutan walkinterviewnya. Apa dikuncir aja ya? Soalnya aku gakbisa sanggul ala pramugari. Terus rencananya aku mau naik motor dari bekasi kira kira mendingan naik bus atau motorya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: