DFP: Sekolah Pramugari, Perlu atau Tidak?

fzm-Old-Air-Mail-Envelopes-(1)-01

From: Bella Octaviani

Dear Forum Pramugari,

Perkenalkan nama saya bella, saya mau nanya2 tntang pramugari bisa ?
Uda dari lama berkeinginan mnjd pramugari , dan bbrpa blan ini brusaha mncari info tntang pramugari , dan td d skolah saya ada penyebaran brosur tntang pramugari. Di dlm brosur d katakan ada pendidikan pelatihan pramugari (diklat) apa perlu memakai sprti itu ya ?

Tapi kata salah seorg saudara saya yang sudah mnjdi pramugari tdk perlu memakai diklat sprti itu , hanya prlu mengikuti tes , bila lulus tes saya akan diterima dan disekolahkan langsung oleh pihak trsbt . Kira2 tesnya sprti apa saja ya ?

###

Dear Bella Octavia,

Sekolah pramugari itu pastinya tidak gratis bukan? Kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya dan meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk mengikuti pendidikan di sana. Sementara hasil akhirnya masih belum pasti, apakah kamu akan menjadi pramugari atau tidak. Apakah sekolah tersebut menjanjikan lulusannya akan langsung menjadi pramugari begitu lulus? Tentu tidak, kan? Kalau ya, sudahkah kamu teliti apakah lulusannya benar-benar ada yang langsung menjadi pramugari? Kalau ada, berapa persen dari jumlah siswa sekolah tersebut yang benar-benar berhasil jadi pramugari?

Saran saya, tidak perlu mengikuti sekolah-sekolah seperti itu. Sebab biayanya tidak murah dan kalaupun kamu diterima di sebuah maskapai nantinya, mereka akan menyekolahkan kamu dalam sebuah training tanpa dipungut biaya (gratis). Daripada membebankan biaya sekolah pramugari pada orang tuamu, lebih baik kamu mencoba mengikuti beragam event rekrutmen saja. Dari rajin mengikuti, nantinya kamu akan bisa mengukur kemampuanmu sejauh mana dan memperbaiki kualitas dirimu sehingga bisa lebih baik lagi di rekrutmen berikutnya. Saya yakin dan percaya kamu pasti bisa jadi pramugari asal kamu tekun berusaha dan berdoa. Semoga jawaban ini membantu ya… semoga sukses ya🙂

Warm regards,

Forum Pramugari

Tagged: , , , , , ,

23 thoughts on “DFP: Sekolah Pramugari, Perlu atau Tidak?

  1. fadhila S November 24, 2013 at 11:39 PM Reply

    Setujuuu!! Karna yng mnemntukan diterima / tidak nya menjadi FA itu bukan dari mngikuti sekolah pramugari, tp dari kmampuan kita sendiri

    • loebis November 25, 2013 at 12:34 PM Reply

      Hai bella,
      Setujuu sekali dengan pendapat diatas,tidak perlu sekolah pramugari,kalo Bella berminat bisa coba buka blog delimalubis@blogspot.com..disitu bisa tanya2 kata teman saya sangat membantu sekali persiapan untuk jadi pramugari.
      Semoga info ini bermanfaat ya…

  2. bahryu November 25, 2013 at 6:40 AM Reply

    Gak perlu mbak. solanya nanti kalau mau kerja juga harus ikutan test lagi. sama kayak anak anak yang lain. kan peeaturan di setiap maskapai beda beda. dan buktinya yang lulusan sma smk juga bisa masuk kok mbak.

  3. bahryu November 25, 2013 at 6:46 AM Reply

    Gak perlu mbak. mendingan uangnya buat jajan lumayan loh. rata rata sekolah pramugari gak friendly harganya. lagian nanti kalau mau kerja juga harus ikutan seleksi lagi dan tidak ada perbedaan untuk yang sekolah FA atau yang tidak. mbak bisa lihat kriteria maskapai beda beda dan gak ada spesifikasi calon pelamar yg ditulis LULUSAN SEKOLAH FA. pasti ditulisnya SMA sederajat Atau Min D3 . kalau sekolah FA me urut saya itu cuma buat peminat nya aja. sertifikat yg di dapet juga belum.tentu dpt license dari maskapai. kalau sekolah FA mau ya yang udah pasti langsung kerja.🙂 Sma juga bisa kok mbak. pengalaman <<<<<

  4. Loebis November 25, 2013 at 2:09 PM Reply

    Hai Bella,
    Saya setuju dengan pendapat diatas,tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menjadi Pramugari,ini Ada info coba buka delimalubis@blogspot.com disitu Bella dapat bertanya sepuas hati untuk mempersiapkan diri,semoga bermanfaat ya..

  5. Loebis November 25, 2013 at 2:27 PM Reply

    Delimalubis.blogspot.com bukan delimalubis@blogspot.com ,maaf salah info ini saya konfirmasi dengan teman saya yg udah menghubungi ya.Thx

  6. jaja_xyz November 25, 2013 at 2:42 PM Reply

    Tetap semangat!

  7. bochan November 25, 2013 at 5:09 PM Reply

    exactly…..ga harus ikut sekolah praqmugari2an…. kalo mau lanjutin sekolah mending skalian S1, heheeee trus daftar di SQ, mantap…..

  8. fly high November 27, 2013 at 10:13 PM Reply

    wahai admin, tolong donk ini akun a/n Loebis ditertibkan. pasalnya akun ini promosi blog komersilnya: delimalubis@blogspot.com, berulang kali dan sudah masuk kategori nyampah. cukup mengganggu.makasih🙂

    • loebis November 28, 2013 at 5:28 AM Reply

      Wahai kawan2 semua…maaf itu Bukan blog saya,dan saya Bukan sampaahh….saya hanya sekedar memberikan info Jika mungkin bermanfaat…
      Jangan sombong teman…tidak ada Maksud menyampah,saya bermaksud baik untuk sharing apa yg saya ketahui…kalo masuk berulang kali mohon maaf karena ada kesalahan.
      Terima kasih….

  9. RICKY December 14, 2013 at 8:30 PM Reply

    Iya min, ga wajib juga sih sekolah pramugari, soale sepupu gw kuliah Public Relation dan sekarang dia masih kerja di Cathay Pacific..
    Min, tolong bahas dong pekerjaan menjadi pramugari/ pramugara/ airline staffs itu bisa jadi lifetime career atau ngga? Thanks yah!😀

    • chatab December 31, 2013 at 8:08 AM Reply

      Mau sekolah pramugara dan pramugari yang ada flight training,dapat licency dari DSKU dan jebolan nya di hitung experince dan bukan zhero hour.Hub MTC(merpati training center).JKT : 021-6548888 Ext. 5812 / 5821 dengan Sdri. Dian Yuliani Sari
      SUB : 031-8686510 & 0813 31115585 dengan Sdri. Herma.hanya merpati yang dapat mengeluarkan licency dari DSKU.

  10. Celvi ani rosalina December 29, 2013 at 1:29 PM Reply

    Selamat siang,
    Perkenalkan nama saya Celvi,
    Saya mau tanya ne kapan di adakan tes pramugari lagi? Karna saya mau ikutan tes.

  11. chatab December 31, 2013 at 8:06 AM Reply

    Lion Air membuka walk-in interview untuk posisi sbg : Initial Pramugara
    Kualifikasi :
    -Male
    -Tinggi min 170cm
    -Max usia 25th
    -Penampilan menarik,energik, dan ramah
    -Pendidikan min. SMU
    -Bisa berbahasa Inggris
    -Tidak berkacamata dan tidak buta warna
    -Berkelakuan baik

    Akan dilaksanakan pada :
    -Selasa, 7 januari 2014 dan
    -Kamis 9 januari 2014
    Pukul 08.00 wib
    Di Lion Air Tower jl. Gajah Mada no 7
    Jakarta

    Apabila berminat silahkan datang dengan membawa berkas lengkap serta berpakaian rapih. Info lebih lanjut hub :

    Recruitment LionGroup

  12. Bella Ajeng March 5, 2014 at 3:06 PM Reply

    Saya bingung dengan sekolah pramugari karena banyak yang bilang kalau sekolah pramugari belum tentu lulus langsung jadi pramugari. Padahal saya ingin sekali menjadi seotang pramugari… tolong beri saya info dan saran yaa… saya tunggu. Terimakasih

  13. Rina siahaan March 8, 2014 at 2:17 PM Reply

    Sista rina mau nanya pembukaan pramugari di medan bulan maret ni ada gk?
    Dari dulu rina menginginkan tu,tpi rina kurang pecya dir,aku mau nyoba tahun ini.
    Info rina ya sista

  14. Mitha dewita March 8, 2014 at 4:40 PM Reply

    Apa tinggi badan harus 160 cm yah min,soalnya aku bermasalah dengan tinggi badanku yang msih jauh dari angka 160,,
    gimana yah min supaya tinggi badanku bisa mencapai 160 cm?
    Mohon jawabannya

  15. mayliana March 30, 2014 at 11:29 AM Reply

    Admin, aku mau tanya emang pas kita masuk pramugari kita harus udah jago banget ya buat menghadapi test nya ?

  16. risky February 20, 2015 at 6:42 AM Reply

    maaf mau tanya jika ingin jadi pramugara lebih baik ambil jurusan apa jika di sma…? terimakasih

    • Whyie March 7, 2015 at 11:40 PM Reply

      Jurusan apa aja bisa masuk kalo menurut aku. Bantu jawab aja

  17. kiky rezza March 23, 2015 at 2:33 PM Reply

    Bagi tips biar cepet nambah tinggi badan dong

  18. aini March 31, 2015 at 10:43 PM Reply

    Mau numpang tanya. Di medan ada walk interview buat pramugari ga ya? Thanks

  19. listy December 10, 2015 at 8:46 AM Reply

    Aku nanya dong, kok gak bisa regist online di garuda ya, kemarin sih bisa tapi pas login lagi udah gak bisa, mau bikin baru lagi katanya ID udah ada

Leave a Reply

